Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

I See You

Dahulu banyak pengemudi merayakan “ngebut” sekencang-kencangnya di tol, tetapi kini mereka membatasi kecepatannya walaupun jalanan kosong di depan. Hal ini terjadi karena per 1 April 2022 kita melihat ada speed camera di tol yang mampu merekam mobil yang melanggar batas kecepatan. Walaupun kita tidak tahu apakah kamera itu berfungsi atau tidak, kita cenderung untuk menghindari masalah. Kita “terpaksa tidak ngebut” karena kita tahu polisi melihat kita. Dalam banyak hal kita melihat bahwa manusia bersikap lebih baik ketika ada yang mengawasi.

Sebelum Filipus mengajak Natanael untuk melihat Yesus, sesungguhnya Yesus sudah terlebih dahulu melihat Filipus ketika dia masih berada di bawah pohon ara. Ketika Natanael datang, Yesus berkata, “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya! Engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia” (Yoh. 1:47-51). Kita ingat kejadian serupa terjadi di dalam mimpi Yakub, ada tangga yang ujungnya sampai ke langit dan malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu (Kej. 28:12).

Dalam hal Yakub, tangga yang dimaksud bukanlah tangga yang biasa kita lihat saat ini, melainkan lebih menyerupai tangga ziggurat—bangunan kuno berbentuk piramida berundak, sebagai media penghubung sorga dan dunia. Dalam hal Natanael, Yesus adalah tangga itu, penghubung antara sorga dan dunia. Paulus mengatakan hanya ada satu Allah dan satu mediator, yaitu Yesus Kristus (1Tim. 2:5).

Kini melalui teknologi kita dapat melihat hampir segala sesuatu, di mana pun dan kapan pun. Dengan share location, kita dapat melihat pergerakan orang yang tidak kita lihat. Dengan google maps, kita dapat melihat peta perjalanan kita dan kondisi jalan saat itu apakah lancar atau macet. Tetapi kita tidak dapat melihat Tuhan dengan kecanggihan teknologi. Hanya mereka yang suci hatinya yang dapat melihat-Nya (Mat. 5:8). Kita dapat melihat keluar diri kita, tetapi marilah kita juga waspada bahwa Allah melihat kita. Kita hidup dan bergerak di hadapan Allah dan di hadirat Allah (coram Deo).

Kiranya kita boleh hidup tanpa ada kepalsuan, baik public life or real life, what we say or what we do. Kiranya kita boleh melihat wajah Tuhan yang berkenan kepada kita. Marilah kita belajar seperti Tuhan Yesus—yang adalah Israel sejati, merindukan keintiman spiritual dengan Tuhan. Justru karena Allah di sorga melihat kita di dunia, maka kita bisa dengan percaya diri menjalani hidup ini. Ini dunia Bapa dan Bapa Sorgawi memeliharaku.

Yana Valentina

Mei 2022

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲