Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kebajikan, Kesalehan, Kasih: Doa - 2

Doa (2)

Legend of the White Snake (Bai She Chuan) atau Ular Putih masuk ke dalam 4 cerita rakyat teragung dari negeri China. Berbeda dengan Journey to the West (Xi You Ji) atau Kera Sakti yang masuk ke dalam 4 novel klasik teragung dari negeri China.

Dalam edisi sebelumnya, kita telah mempelajari bahwa bila Bai Suzhen dengan pengorbanan belajar bajik, saleh, dan kasih, maka Tuhan Yesus dengan pengorbanan memberikan kebajikan, kesalehan, dan kasih.

Bila Bai Suzhen berkorban meninggalkan pertapaan 1.000 tahun karena kasih manusia yang masih dikuasai nafsu yang egois, maka kasih Tuhan Yesus adalah kasih yang sempurna dari Kerajaan Sorga (1.000 tahun) yang sempurna yang melenyapkan ketakutan.

Di dalam edisi kali ini, kita akan melanjutkan seri kehidupan Bai Suzhen dan kebajikan Kristen di dalam pengharapan dan doa.

Hidup Bai Suzhen: Budi, Pengorbanan, Doa, Penderitaan
Doa

Kasih: Berdoa memohon Belas Kasihan Sorga untuk Membangkitkan Orang Mati
Pada lain kesempatan, tabib Xu Xian ketika melihat wujud asli si Ular Putih yang besar dan mengerikan, akhirnya ketakutan dan meninggal dunia. Kali ini, Bai Suzhen berusaha mati-matian pergi ke langit, masuk bertemu para dewa dan Kaisar Langit untuk membangkitkan Xu Xian dari antara orang mati. Akhirnya meskipun ditentang Kaisar Langit, oleh kemurahan dan belas kasihan Dewi Kwan Im, akhirnya Xu Xian dapat dihidupkan kembali oleh obat-obatan dari langit.

Hidup Tuhan Yesus Kristus: Budi, Pengorbanan, Doa, Penderitaan
Doa

Kasih: Dengan Kuasa Sorga Membangkitkan Orang Mati
Apabila Bai Suzhen dan semua orang di dunia termasuk semua orang Kristen itu hanyalah manusia biasa, lain halnya dengan Tuhan Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang menjadi manusia.

Dia memiliki kuasa pada diri, karena Dia adalah Allah sendiri. Seperti yang Pdt. Stephen Tong katakan, Tuhan Yesus tidak berdoa tetapi dengan kuasa firman-Nya, otoritas Ilahi penuh, Dia berkata, “Lazarus, keluarlah!” Dan seketika itu pula Lazarus yang sudah jadi mayat dan berbau bangkit dan hidup kembali, keluar dari kuburan.

Dialah Tuhan atas sorga. Dan bukan hanya sorga, Dialah Tuhan atas sorga dan bumi, seluruh alam semesta ada di dalam tangan-Nya. Karena Dialah yang menciptakan itu semua.

Bagi orang-orang yang memegang tradisi leluhur Cina atau belajar Konfusianisme, mereka akan berdoa kepada langit (Tian), tetapi tanpa wahyu khusus dari Tuhan Allah, mereka tidak memiliki konsep jelas tentang Tuhan. Walaupun tentu saja Tuhan dapat memberikan anugerah umum dan secara misterius dapat menyelamatkan orang-orang dengan anugerah Roh Kudus-Nya secara tersembunyi tentunya.

Tetapi tetap saja tanpa wahyu khusus dari Tuhan Allah yang secara jelas menyingkapkan siapakah Tuhan, mereka tidak memiliki konsep yang jelas tentang Tuhan. Dalam pengertian orang yang meraba-raba dan berdoa kepada sorga di dalam anugerah umum, Kristuslah sorga itu sendiri. Segala yang baik, damai, sejahtera, shalom, benar, kasih yang sempurna yang melenyapkan ketakutan, yang tidak bersukacita atas ketidakbenaran tetapi menutupi kesalahan.

Di dalam tradisi Cina, ada yang menyembah Kaisar Langit, ada yang menyembah dewa-dewi, dewa perang atau Guan Gong, atau Dewi Kwan Im, yang semuanya berbeda-beda karakternya. Dan Langit itu sendiri misterius dan transenden.

Demikianlah Tuhan kita itu transenden dan misterius, tetapi pemeliharaan-Nya baik dan memberikan Putra-Nya sendiri, Tuhan beserta kita. Tuhan sendirilah yang memberikan kegelapan dan terang, Tuhan sendirilah yang memberi belas kasihan di balik awan gelap ujian-Nya untuk mendewasakan manusia.

Seperti pada edisi sebelumnya, Tuhan memiliki belas kasihan di balik pemeliharaan- Nya yang tidak kelihatan yang seolah-olah diam dan menghakimi. Behind a frowning providence, there is a smiling face. Di belakang awan gelap ada sinar matahari yang terang.

Lukas Yuan Utomo

Juni 2022

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Saya yakin dan percaya gereja kerasulan adalah sebua organisasi kristus yg otoritasnya dari Tuhan Yesus; sekelompok...

Selengkapnya...

Puji Tuhan, Yesus baik. Sangat diberkati. Amin

Selengkapnya...

Syalom... Saya sangat percaya bahwa semua orang yang sedang membicarakan Firman dengan segala doktrin itu semua baik...

Selengkapnya...

Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲