Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Kebajikan, Kesalehan, Kasih

Doa (1)

Legend of the White Snake (Bai She Zhuan) atau Legenda Ular Putih masuk ke dalam empat cerita rakyat teragung dari negeri Tiongkok (muncul sejak dinasti Tang tahun 618-907 dan ditulis zaman Kaisar Qianlong tahun 1733-1735 pada dinasti Qing) dan menjadi tersebar di seluruh Tiongkok sesudah ditinjau oleh Kaisar. Berbeda dengan Journey to the West (Xi You Ji) atau Kera Sakti yang masuk ke dalam empat novel klasik teragung dari negeri Tiongkok.

Dalam edisi sebelumnya kita telah mempelajari bahwa manusia tidak akan pernah dapat membalas budi baik Tuhan. Manusia perlu belajar mengingat kebajikan, kesalehan dari teladan Tuhan sendiri, dan belajar mengasihi Tuhan dan sesama seperti Tuhan Yesus.

Hidup Bai Suzhen: Budi, Pengorbanan, Doa, Penderitaan
Doa

Kasih: Berdoa Memohon Belas Kasihan Sorga untuk Membangkitkan Orang Mati
Pada suatu kesempatan lainnya, Tabib Xu Xian ketika melihat wujud asli si Ular Putih yang besar dan mengerikan, menjadi ketakutan dan meninggal dunia. Kali ini, Bai Suzhen berusaha mati-matian pergi ke langit, masuk bertemu para dewa dan kaisar langit untuk membangkitkan Xu Xian dari antara orang mati. Akhirnya meskipun ditentang kaisar langit, oleh kemurahan dan belas kasihan Dewi Kwan Im akhirnya Xu Xian dapat dihidupkan kembali dengan obat-obatan dari langit.

Hidup Orang Kristen: Budi, Pengorbanan, Doa, Penderitaan
Doa

Kasih: Berdoa Memohon Belas Kasihan Sorga untuk Membangkitkan Orang Mati
Di dalam hidup orang Kristen, kita dapat meneladani para pahlawan iman, salah satunya adalah Elisa, seorang nabi yang memiliki dua kali lipat kuasa Elia. Elisa berterima kasih kepada perempuan Sunem, seorang perempuan yang kaya, yang menyediakan rumahnya untuk ditinggali oleh Elisa setiap kali Elisa ada pelayanan di daerah perempuan Sunem tersebut. Perempuan Sunem itu berusaha mengontrol perasaan dan hatinya bahwa dia sudah merasa cukup karena dia memiliki cukup harta dan sanak saudaranya ada di sekitarnya. Perempuan Sunem itu mengatakan bahwa dia tidak kurang suatu apa pun. Akhirnya Elisa berdoa memohon kuasa Tuhan agar perempuan Sunem tersebut dapat mengandung meskipun perempuan Sunem itu tidak mau dikecewakan perasaannya, seolah ada trauma di dalam hatinya atau dia tidak lagi mau berharap atau takut berharap. Daripada salah, lebih baik tidak usah memiliki anak.

Elisa walaupun memiliki kuasa sangat besar tetaplah seorang manusia yang perlu memohon pertolongan Tuhan. Sering kali, pergumulan itu sulit dan kita tidak mengetahuinya. Seolah Tuhan itu menentang dan menutup pintu doa kita. Tetapi ternyata Tuhan memiliki belas kasihan di balik pemeliharaan-Nya yang tidak kelihatan yang seolah diam dan menghakimi. Behind a frowning providence, there is a smiling face. Di belakang awan gelap ada sinar matahari yang terang. Kuasa supernatural akhirnya membangkitkan anak perempuan Sunem tersebut.

Bagaimana orang-orang Kristen belajar mengabarkan Injil? Bergumul, memohon dengan kasih demi keselamatan jiwa. Sering kali kita menganggap sepi pergumulan pengabaran Injil. Sering kali kita lupa untuk bergiat mengabarkan Injil, atau mengasihi sesama yang kesusahan atau menggembalakan jemaat yang sedang berduka. Kita hanya melakukan aktivitas demi aktivitas tanpa benar-benar bergumul memohon kuasa rohani dari Tuhan. Bila perlu, Tuhan akan meneguhkan doa-doa kita dengan tanda-tanda yang menyertai bagi pembangunan tubuh Kristus.

Lukas Yuan Utomo

Mei 2022

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲