Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Komplain Komplain Komplain

Hampir 2,5 tahun kita hidup dalam keterbatasan akibat COVID-19. Kita menjadi akrab dengan work from home, pembelajaran daring, dan meeting via zoom. Tetapi kini pandemi sudah mereda dan lebih banyak orang yang work from office, pembelajaran luring, maupun meeting secara fisik. Kita komplain karena pandemi, bagaimana dengan sekarang?

Kita pernah mendengar Yunus komplain kepada Tuhan sampai ia minta mati. Yunus lebih rela mati daripada bangsa Niniwe diampuni Tuhan. Tetapi pernahkah kita mendengar Musa komplain kepada Tuhan sampai ia juga minta mati? Musa lebih rela mati daripada memimpin bangsa Israel yang tidak tahu berterima kasih. Sejak keluar dari Mesir, bangsa Israel terus komplain kepada Tuhan, mulai dari air, makanan, lalu daging. Apakah reaksi Tuhan? Tuhan mendengar komplain Musa dan memberikan 70 orang tua-tua untuk ikut memikul tanggung jawab atas bangsa Israel. Tuhan juga mendengar komplain bangsa Israel dan memberikan mereka apa yang mereka minta, yaitu daging. Bukan hanya untuk satu hari tetapi sampai satu bulan, sampai keluar dari dalam hidung bahkan sampai mereka muak (Bil. 11:20).

Musa mengumpulkan 70 orang tua-tua Israel untuk berdiri di sekeliling kemah. Lalu Tuhan mengambil sebagian dari Roh yang hinggap pada Musa dan menaruh-Nya kepada mereka, dan mereka kepenuhan seperti nabi. Tetapi ternyata ada dua orang yang tinggal di perkemahan, dan mereka pun kepenuhan seperti nabi. Hal itu dilaporkan kepada Musa dan Yosua berkata, “Tuanku Musa, cegahlah mereka!” Tetapi Musa malah menjawab, “… Ah, kalau seluruh umat TUHAN menjadi nabi, oleh karena TUHAN memberi Roh-Nya hinggap kepada mereka!” Musa sama sekali tidak terancam karena kedua orang itu kepenuhan di perkemahan, ia justru ingin semua orang Israel mendapat kepenuhan. (Bil. 11:24-29)

Tuhan Yesus memilih 12 orang menjadi murid-Nya, dan Ia juga menunjuk 70 murid lain. Ternyata ada seorang lain yang mengusir setan. Yohanes berkata, “Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita.” Tetapi Tuhan Yesus menjawab, “… Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” (Mrk. 9: 38-40)

Filipi 2:19 mengatakan, “Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan (Do all things without complaining and disputing)”. Tidak komplain kepada Tuhan dan tidak berselisih terhadap teman sepelayanan. Kita dipanggil untuk menjadi murid-Nya dan menjadikan semua bangsa murid Tuhan. Inilah yang membedakan kita, anak-anak Allah, dari dunia, yaitu ketika iman kita diuji dan teruji.

Marilah kita mengurangi komplain dan memperbanyak terima kasih kita kepada-Nya.

Yana Valentina

Juli 2022

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Saya yakin dan percaya gereja kerasulan adalah sebua organisasi kristus yg otoritasnya dari Tuhan Yesus; sekelompok...

Selengkapnya...

Puji Tuhan, Yesus baik. Sangat diberkati. Amin

Selengkapnya...

Syalom... Saya sangat percaya bahwa semua orang yang sedang membicarakan Firman dengan segala doktrin itu semua baik...

Selengkapnya...

Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲