Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Spoiler

Banyak orang membenci spoiler karena spoiler merusak suasana keseruan yang dialami seseorang di dalam ketidaktahuannya. Tetapi ada juga orang-orang yang ingin mengetahui jalan cerita atau akhir cerita sebelum menontonnya. Misalnya, seseorang hanya mau menonton film yang happy ending, atau jika jalan cerita dinilai kurang berbobot maka seseorang tidak mau membuang waktunya untuk menonton.

Dahulu kita “terpaksa” menunggu hari esok di waktu yang sama untuk menonton episode berikutnya, kini kita tinggal “klik” episode yang kita mau dan langsung nonton. Rasa ingin tahu yang dahulu “terpaksa ditahan” kini menjadi “tidak terbendung” sehingga kita bisa menyelesaikan sebuah serial drama yang dahulu membutuhkan waktu berbulan-bulan namun sekarang menjadi hanya dalam beberapa hari saja.

“Tenang saja, dia pasti selamat dari setiap masalah yang dia hadapi. Dia tidak mudah putus asa. Siasat licik orang jahat dapat ditangkis dengan kepandaiannya, serangan berbalik kepada penyerangnya, malahan membuatnya makin dekat dengan kesuksesan. Ketika menemui jalan buntu, bisa tiba-tiba muncul keselamatan baginya. Penderitaan yang dia alami selama beberapa waktu akan berakhir dan dia akan makin hebat.” Ketika kita melihat tokoh seperti di atas, mungkin kita sedikit “iri” karena kesulitan yang dialaminya tidak membuatnya terpuruk, justru melaluinya dia dilatih dan menjadi makin cemerlang.

Tetapi hidup kita adalah realitas dan bukan drama serial yang pasti berakhir indah. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi hari esok, apakah angin akan sepoi-sepoi atau badai? Tetapi sesungguhnya umat Tuhan sudah diberi tahu jalan cerita dan akhir ceritanya. Di dalam gambaran besar Allah, kita pasti selamat dari setiap masalah yang kita hadapi. Kita tidak perlu putus asa. Siasat licik si jahat dapat ditangkis dengan hikmat Roh Kudus, serangan berbalik kepada penyerangnya, dan membuat kita makin dekat dengan hati Allah. Ketika menemui jalan buntu, bisa tiba-tiba muncul mujizat keselamatan. Penderitaan yang kita alami selama 70-80 tahun di dunia akan berakhir dan kita akan dibangkitkan untuk hidup selamanya bersama Kristus.

Selama perjalanan cerita hidup kita, ada janji Tuhan yang mengatakan “Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu” (Mzm. 34:20). Di akhir cerita hidup kita di dunia, ada happy ending “Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka” (Why. 7:17). Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi (Kej. 1:1) dan pada akhirnya Allah menjadikan langit yang baru dan bumi yang baru (Why. 21:1). “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku, tetapi orang-orang penakut, yang tidak percaya, orang-orang keji, … mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang” (Why. 21:6:8).

Seluruh isi Alkitab menjadi spoiler hidup kita yang menyenangkan. Marilah kita merenungkan firman Tuhan siang dan malam, karena orang yang kesukaannya adalah Taurat TUHAN pasti berbahagia (Mzm. 1:1-2).

Yana Valentina

Oktober 2021

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk SPIK bagi Generasi Baru dengan tema Roh Kudus VI yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021. Berdoa kiranya setiap kita digerakkan oleh Tuhan untuk membawa banyak orang untuk dapat mengikuti acara ini dan mengerti akan pekerjaan Roh Kudus yang sejati di dalam kehidupan orang percaya. Berdoa kiranya Tuhan menggerakkan hati banyak orang. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan sesi-sesi dalam SPIK ini, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memberikan kuasa kepada mereka untuk memberikan pengertian bagi setiap jemaat dan menguatkan iman serta pengenalan akan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲