Menjelang KKR Jakarta 2008, kali ini Pillar berkesempatan untuk memperkenalkan KKR Jakarta 2008 yang disharingkan oleh Pdt. Stephen Tong kepada para tokoh-tokoh Kristen di Jakarta. Pillar juga berkesempatan untuk meng-interview Ev. Maria Mazo yang menjabat sebagai ketua umum KKR Jakarta 2008.
Sharing Visi Misi oleh Pdt. Dr. Stephen Tong
9 Januari 1957, hari itu pergumulan jiwa saya begitu berat. Menentukan apakah saya seumur hidup akan menyerahkan diri menjadi penginjil atau tidak. Lima tahun sebelum itu saya sudah menyerahkan diri. Waktu itu saya berumur 12 tahun, dan berkata, “Seumur hidup saya mau menjadi hamba-Mu, dan tugas utamaku adalah memberitakan Injil di dalam sejarah manusia untuk memenangkan jiwa kembali ke Kerajaan Tuhan.” Lima tahun kemudian, secara perlahan saya mulai tertarik oleh Komunisme, Atheisme, Evolusionisme, Dialektika Materialisme, dan filsafat-filsafat yang paling modern, di mana orang sebaya saya banyak yang tidak tertarik. Saya sangat tertarik dan mulai terkontaminasi. Dan akhirnya, saya mulai membuang iman Kristen.
Saat itu ada seorang pendeta yang unik datang ke Indonesia. Pendeta itu seumur hidupnya memanggil orang menjadi hamba Tuhan. Saya menghadiri retreat yang dipimpin oleh pendeta tersebut untuk menyenangkan hati mama saya. Hari itu menjadi pergumulan paling berat selama tujuh belas tahun saya hidup di dunia. Meskipun khotbah pendeta itu menyentuh, namun iman Kristen sudah saya buang. Hanya mama saya, yang sejak saya berumur tiga tahun telah menjadi janda, tetap setia mendoakan saya. Apakah saya harus kembali kepada iman yang menurut saya saat itu sudah kuno, sudah digugurkan oleh ilmu, sudah ditolak oleh orang modern. Saya tidak berani dan malu berdoa di kamar, karena banyak orang ikut camp. Maka saya berlutut di kamar mandi, di atas ubin yang basah. Saya berdoa, “Tuhan, kalau malam ini ternyata Engkau hidup, panggil saya dengan kuasa-Mu. Jika saya tidak sanggup melawan-Mu, maka saya akan seumur hidup setia sampai mati. Jikalau tidak ada panggilan jelas dan ternyata Engkau tidak bicara pada saya, saya akan lolos dan seumur hidup tidak lagi mengenal Engkau.” Dengan air mata saya bergumul kepada Tuhan. Lalu malam itu saya ikut kebaktian. Ada peserta yang bicara, tertawa, namun saya diam, tenang, dan serius. Saya mau melihat bagaimana Tuhan bekerja. Kursi terasa lebih keras dari biasanya, suasana lebih dingin dari biasanya, waktu lewat lebih pelan dari biasanya. Atheisme-kah atau Theisme?, Pagan-kah atau Christian?, Komunisme-kah atau Kristen?, Evolusi-kah atau Creation? Ini adalah saat penentu. Di satu sisi ada orang-orang Kristen yang mencintai Tuhan, yang hidupnya sangat saya kagumi. Di sisi lain, fakta mengenai filsafat-filsafat mutakhir juga tidak bisa saya tolak.
Pendeta yang berkhotbah bagi saya berteriak-teriak mewakili teriakan terakhir sebelum Kristen mati. Teriakan yang mewakili status sebagai antek-antek Imperialisme yang merampas kebebasan manusia berpikir dan mempelopori racun Barat untuk membuka jalan bagi meriam Imperialisme. Dengan mata yang miring saya melihat dia dan dengan sikap pertarungan dalam hati untuk menentukan nasib saya seumur hidup. Khotbah hari itu adalah mengenai lima suara,
Suara pertama adalah suara Allah Bapa. “Siapa yang boleh aku utus,” Firman-Nya. Lalu jawaban dari Yesaya, “Di sini saya, utuslah saya.” Jawaban dari Tuhan Allah, “Saya akan mengirim engkau untuk memberitakan Firman yang tidak diterima oleh orang lain. Saya akan mengirim engkau pergi kepada bangsa-bangsa yang keras hati.” Wah ini paradoks sekali, tetapi kelihatan ada makna tertentu yang saya perlu pelajari lagi.
Suara kedua adalah suara Anak Allah, yang berkata, “Tuaian sudah masak, pergilah menuai sebelum waktu lewat dan pergi ke seluruh dunia kabarkan Injil jadikan segala bangsa muridku.” Ini adalah suara dari anak Allah.
Suara ketiga adalah suara Roh Kudus, diambil dari Wahyu mengenai barangsiapa yang rela meminum air hidup akan diperanakkan pula, karena Injil adalah kuasa Allah untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya.
Suara keempat adalah suara Rasul. “Jikalau aku tidak mengabar Injil, celakalah aku,” kata Paulus. karena beban ini sudah diberikan kepada aku dan jika aku dengan rela mengerjakannya ada pahala bagiku, rela, terpaksa, terpaksa, rela, aku harus rela memaksa diriku untuk melayani Injil atau aku harus memaksa diri untuk rela melayani? Ini paradoks lagi.
Suara kelima adalah suara dari Neraka. Ini yang membuat saya sangat terkejut. Saya tidak pernah mendengar ada suara pekabaran Injil dari neraka. Siapapun pendeta tidak mengkhotbahkan dari neraka ada orang memanggil manusia mengabar Injil. Dia mengambil ayat dari Lukas 16. Abraham disuruh mengirim orang pergi memberitakan Injil kepada saudara orang kaya yang dihukum, supaya mereka tidak datang ke neraka. Abraham mengatakan bahwa hal itu tidak bisa. Yang kaya mengatakan kalau Abraham meminta Lazarus yang pergi, mereka akan percaya. Ini adalah strategi penginjilan dari neraka. Saran neraka, suara neraka, strategi neraka pakai mujizat orang akan percaya. Sekarang di dalam kekristenan ada dua arus; yang menekankan Firman dalam penginjilan, dan yang menekankan mujizat. Banyak pendeta sudah jatuh dalam takhyul, tanpa pakai mujizat tidak akan ada orang yang menerima firman Tuhan. Abraham diminta mengirim Lazarus, kalau kirim Billy Graham percuma, mereka tidak ada mujizat. Kalau Lazarus yang berkhotbah karena dia sudah bangkit daripada kematian, maka lima saudaraku menjadi percaya. Saran ini terlihat amat bagus, namun bukan strategi Tuhan. Kesulitan sekarang adalah pemimpin gereja tidak peka lagi strategi dari Tuhan. Ide yang disarankan dari neraka ditolak oleh Abraham, karena sudah ada Firman dalam dunia. Dialog berhenti, diskusi strategi antara neraka dan surga berhenti disitu, Alkitab tidak meneruskan lagi. Lalu kita melihat selama 2000 tahun penginjilan dilakukan ke seluruh dunia, melalui apa? Strategi surga atau nereka?
Mujizat terbesar adalah melalui percaya kepada Yesus Kristus, orang berdosa bertobat, orang yang mati rohani dapat hidup kembali dan menjadi anak Tuhan yang jujur dan setia. Setelah mendengar khotbah itu, Roh Kudus bekerja dalam hati saya. Saya mulai bereaksi. Man is not what he thinks, man is not what he feels, man is not what he behaves, itu semua psikologi dunia yang kosong. Man is equal to what he reacts before God. You will be counted in eternity as what you react to God, when you’re living in this earth. Saya harus bagaimana bereaksi kepada Tuhan, akhirnya dapat suatu suara yang sangat dahsyat dalam hati. Kalau engkau tidak mengabarkan Injil, maka engkau lebih kalah dari orang di dalam neraka, orang yang jatuh di dalam neraka masih mengharapkan saudaranya diselamatkan. Meskipun strateginya salah, tetapi keinginan dan cinta mereka supaya saudara sekandung mereka diselamatkan lebih besar daripada engkau yang tidak mengabarkan Injil. Teguran yang dahsyat ini membuat saya sadar, dan akhirnya air mata mengalir terus, sampai pakaian depan semua basah kuyup. Saya berkata,” Tuhan, hari ini saya janji, seumur hidup menjadi hamba-Mu, mengabarkan Injil, dan setelah Tuhan menjawab semua pertanyaan saya, mengenai Evolusi, Atheisme, Dialektical Materialisme, Komunisme, saya akan ke seluruh dunia menjawab pertanyaan dan kesulitan yang menghambat orang lain menjadi orang Kristen. Apologetika yang melayani penginjilan, dan theologi Reformed yang solid, menjadi satu senjata di dalam tangan saya untuk pergi menjelajah.
Sekarang setelah 51 tahun, saya sudah pernah berkhotbah kepada kira-kira 30 juta manusia di dalam lebih dari 29.000 kali kebaktian. Menjelajah kira-kira 600 kota di dalam 51 tahun. Dalam usia 68, saya masih naik kapal terbang satu tahun 300 kali, berkhotbah 500 kali, dan di antaranya kira-kira 40 hari minggu di Indonesia, negara yang saya cintai. Bagaimana berat pun, saya tetap harus menginjili. Kekristenan harus malu, karena bioskop mainkan cerita fiksi, namun tiap hari terus main. Gereja yang menyatakan kebenaran, tidak tiap hari mengabarkan Injil. Kepada Tuhan kita menyembah, kepada sesama saling mengasihi, kepada dunia kita menginjili. Jikalau gereja tidak menginjili lagi, maka fungsi eksistensinya berhenti dalam dunia ini. Itu sebabnya gerakan Reformed Injili diadakan, untuk memberitakan Firman yang berbobot, berkualitas, dan yang setia kepada Alkitab ke dalam, serta mengabarkan Injil yang murni dan setia keluar.
Apakah hari ini kita masih berbeban untuk penginjilan? Waktu di London tahun 1977, saya melihat sebuah iklan di muka sebuah bioskop mengenai pertunjukan berjudul “Jesus Christ Superstar”. Tertulis di bawahnya pertunjukan itu sudah tahun ketujuh, dan tiap hari dipentaskan. Satu tahun 365 hari, tujuh tahun berturut-turut melawan Yesus dengan nama “Jesus Christ Superstar”. Pementasan yang memfitnah Yesus adalah homoseks, maka semua muridnya laki-laki. Akhirnya seorang murid yang paling cinta pada Dia dan tidak berhasil mendapat cinta-Nya, menjual Dia dengan 30 uang perak. Film yang begitu rusak, yang demikian memfitnah kekristenan, bisa main selama tujuh tahun dan setiap hari ada penonton. Adakah gereja yang berani mengatakan, “Jesus Christ is the true saviour of the Lord,” setiap hari mengabarkan Injil selama tujuh tahun?
Kita harus sedih, karena gereja yang mengabarkan Injil murni, Yesus Juruselamat, Kristus penanggung dosa, khotbah seperti ini sudah hampir hilang. Diganti dengan siapa percaya Tuhan akan mendapat mujizat, siapa percaya Tuhan akan mendapatkan kesembuhan, siapa percaya Tuhan akan menjadi kaya. Ini adalah theologi sukses, theologi berhasil, theologi makmur yang merajalela. Sedang theologi salib, theologi kebangkitan, theologi Kristus menjalankan hukuman mengganti manusia sudah hilang. Kita masih berani menamakan diri Kristen, pengikut Kristus, orang Injili, Alkitabiah.
Begitu banyak pemuda-pemudi yang kita panggil, kemudian mereka mulai mengabarkan Injil. Namun setelah lulus dari sekolah theologi mereka menjadi tidak mengabarkan Injil. Saya sudah meneriakkan ini di benua-benua yang lain berapa besar hukuman yang akan ditimpakan pada rektor-rektor dan dosen-dosen theologi yang menjadikan orang yang suka mengabarkan Injil setelah belajar empat tahun menjadi tidak suka mengabarkan Injil, jangan melarikan diri dari teguran seperti ini karena orang yang menegur seperti ini, seperti apa yang kamu dengar hari ini sudah semakin sedikit. Kita mengutamakan yang bukan diutamakan oleh Tuhan, dan kita tidak mengutamakan yang diutamakan oleh Tuhan.
Saya harap dalam 10 tahun, Jakarta bertambah 3.000 gereja. Dan satu gereja kalau ada 1.000 orang, 3.000 gereja baru 3 juta orang, sedangkan PBB menghitung Indonesia, ibukotanya setiap tahun paling sedikit 700.000 hingga 1.000.000 manusia bertambah, di dalam 10 tahun Indonesia dengan ibukota yang kira-kira 15 juta manusia, sampai 20 juta manusia, berarti orang yang bertambah di Jakarta sampai 2025 bisa 30 juta, kalau 10 tahun tambah 3 juta, kita masih hutang, tetapi pendeta-pendeta di gereja tidak hitung, mereka hanya hitung di gereja saya dulu 300 sekarang 500 orang. Puji Tuhan, berarti sudah bertumbuh. Pertumbuhan itu dihitung persentasi, itu membuktikan kita masih belum mengerti kehendak Tuhan. Kita melihat, kalau bankir-bankir melihat perkembangannya mengikuti pasaran berapa persen dia tahu, tapi pemimpin Kristen tidak sadar. Pendeta-pendeta menggembalakan satu juta orang Kristen di Indonesia, sudah 20 tahun, seluruhnya digabung tambah 200.000 sudah senang, tapi penduduk tambah 10 juta. Yang menginjili tidak banyak, pertumbuhan makin merosot, inikah kekristenan? Penginjilan yang dilakukan oleh saya sekarang mungkin mendapat tantangan lebih banyak, karena saya sudah mendirikan gereja. Namun dukungan tidak pernah dari manusia, dukungan selalu dari Tuhan. KKR yang saya pimpin tidak pernah menaruh alamat gereja saya, tak pernah umumkan kebaktian saya, karena penginjilan adalah untuk sekota. Dan setelah selesai, masing-masing bebas pergi kemana saja, karena penginjilan bukan bermotivasi menambah anggota gereja saya. Kita menginjili zaman kita, kota kita, bukan untuk memperkembangkan diri kita.
Saudara-saudara, saya harap selama saya masih hidup, saya boleh terus memberitakan Yesus Kristus sungguh-sungguh Juruselamat. Dia betul-betul Anak Allah yang diwahyukan dan dinubuatkan oleh para nabi Perjanjian Lama. Dia yang menggenapi semua janji bagi umat manusia, dan satu-satunya penanggung dosa manusia. Dia satu-satunya yang mati bukan karena dosa sendiri, namun untuk menanggung dosa manusia. Dia satu-satunya yang bangkit dari antara orang mati, karena kuasa-Nya melampaui kuasa maut dan kuasa dosa. Selain Dia, tidak ada juruselamat yang lain. Terakhir kali kita mengadakan KKR di Stadion Utama adalah tahun 2003. Saya mengundang Bapak Agus Lai menjadi ketua. Saat itu saya ditegur oleh Tuhan, karena sebelumnya dua kali tema KKR saya adalah “Apakah Ini Makna Hidupku?” dan sebagainya. Akhirnya suatu teguran dari Tuhan, kenapa tidak berani langsung katakan Yesus Juruselamat? Kenapa engkau harus pakai cara supaya menarik lebih banyak orang? Maka tahun 2003 saya mengatakan, temanya adalah “Yesus Kristus Juruselamat Dunia”. Saudara-saudara, biarlah Injil terus dikabarkan, saya hanya mau kita berdoa bersama supaya kehendak Tuhan yang jadi, nama-Nya dipermuliakan, kerajaan-Nya tiba, kehendak-Nya terjadi, karena semua kuasa, kerajaan, dan kemuliaan hanya dimiliki oleh Tuhan. Amin.
(Ditranskrip dari sharing visi Pdt. Stephen Tong dengan para tokoh Kristen pada tanggal 07 Juni 2008 dan diambil dari http://www.jakarta2008.com)
Sharing dari Ketua Umum KKR Jakarta 2008
Seperti banyak dari kita telah mengenal seorang hamba Tuhan yang sering dipanggil Ibu Maria. Beliau adalah istri dari Pdt. Romeo Mazo dan saat ini sedang melayani di GRII Singapura. Mari kita simak sharing beliau mengenai pergumulan KKR Jakarta 2008.
Dear Redaksi Pillar,
Pak Tong meminta saya menjadi ketua umum KKR Jakarta 2008. Walaupun secara waktu dan jarak saya tidak mungkin maksimal karena setelah Pdt. Amin Tjung dipanggil Tuhan, saya diminta kembali melayani sebagai asisten gembala di GRII Singapura sejak Juli 2007. Bapak John Prawiromaruto sebagai Ketua Pelaksana yang lebih banyak menangani day-to-day activity dari KKR Jakarta 2008 ini.
Saya bukan dari keluarga Kristen tetapi disekolahkan di Sekolah Kristen Ketapang dan pada waktu kelas SMP kelas 1 mengikuti KKR Siswa yang diadakan oleh sekolah dan KKR tersebut dipimpin oleh Ev. Stephen Tong. Dalam kesempatan tersebut saya menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Saya kemudian berjemaat, bertumbuh, dan melayani di Gereja Kristus Ketapang dan terlibat sebagai panitia SPIK I tahun 1984 dan seterusnya sampai sekarang. Mulai dari SPIK tahun 1984, saya mulai sadar, mengenal, dan belajar theologi Reformed sampai saya menyerahkan diri secara full melayani Tuhan di dalam Gerakan Reformed Injili.
Mengapa saya mau meninggalkan pekerjaan dan mau terjun ke dalam gerakan Reformed Injili? Karena kesadaran yang Tuhan beri dan melalui belajar di dalam mengikuti SPIK dari tahun pertama dan terjadinya perubahan nilai (proses yang tidak mudah karena perubahan haluan).
Tuhan memberikan harta yang kekal kepada gereja, yaitu Injil keselamatan, oleh karena itulah maka kita harus memberitakan-Nya. Allah menyelamatkan manusia melalui Kristus. Injil diberitakan kepada anak-anak/siswa, guru-guru (KKR Regional), umum (KKR umum, baik di Istora dan Gelora Bung Karno), dan juga kepada pribadi (personal evangelism) dalam hidup kita sehari-hari karena berita baik atau anugerah yang kita telah terima menjadi anugerah yang harus kita bagikan.
KKR diadakan dengan nama STEMI karena KKR bersifat interdenominasi dan harus menjangkau kalangan umum baik sekolah, gereja, yayasan sosial misalnya panti asuhan, pusat rehabilitasi, tempat kursus bahasa, kursus musik, pusat pelatihan olah raga, lembaga pendidikan umum (college/universitas) dan sebagainya. Sedangkan Gereja bersifat denominasi.
Kami mengharapkan melalui KKR ini banyak orang di Jabodetabek mendengar, menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan melalui media massa berita ini dapat diteruskan dan kiranya Tuhan memberikan kebangunan rohani yang sejati melalui pengertian Firman yang benar yang manusia terima sehingga kita dapat berespon kepada Tuhan dengan benar dan bertumbuh. Bagi orang yang sudah percaya, maka kita akan diteguhkan iman dan jemaat- jemaat/Gereja akan sangat dikuatkan dan lebih mengasihi Tuhan, lebih giat melayani Tuhan dan akan bertumbuh dalam kasih kepada Tuhan dan sesama. Kita patut bersyukur kepada Tuhan bahwa pada zaman ini, Tuhan menyediakan hamba-Nya, Pdt. Stephen Tong, yang memiliki beban penginjilan dan mempunyai struktur theologi yang kuat, untuk memimpin KKR Jakarta 2008.
Pdt. Stephen Tong telah melayani pemberitaan Injil sebagai penginjil jauh sebelum beliau memulai Gereja Reformed Injili, bukan sebaliknya. STEMI sudah ada lebih dulu, baru GRII didirikan pada tahun 1990. Saya menyarankan bagi pembaca Pillar agar kita dapat mengerti visi Gerakan Reformed Injili yang telah Pdt. Stephen Tong uraikan secara detil di Buletin Momentum sehingga kita bisa mengerti keunikan antara STEMI dan GRII. Keduanya adalah wadah dari Gerakan Reformed Injili. Baik GRII maupun STEMI didirikan oleh Pdt. Stephen Tong karena keunikannya, yaitu Reformed Theology (yang menjadi fondasi) dan Penginjilan (dinamika/perjuangan/fighting spirit memenangkan jiwa bagi Tuhan).
Referensi:
http://www.jakarta2008.com