Liputan & Wawancara

Liputan Paskah 2007 Gerakan Reformed Injili di Indonesia

Pada kesempatan Paskah tahun ini, Gerakan Reformed Injili mengadakan KKR Regional di Jawa dan Sumatera dan juga Kebaktian Paskah GRII se-Jabodetabek di lokasi pembangunan Graha Reformed Millennium di Kemayoran, Jakarta.

KKR Regional 2007

Anak-anak dan remaja merupakan generasi yang sangat penting, karena 10-20 tahun dari sekarang mereka akan menjadi penerus bangsa ini. Oleh sebab itu, sungguh penting untuk membawa mereka kepada pengenalan firman Tuhan yang benar. Kita bersyukur karena Gerakan Reformed Injili sangat terbeban untuk menginjili anak-anak kecil dan remaja.

Dengan sangat gentar, di tahun ini panitia harus mengadakan KKR Regional di lebih banyak tempat daripada tahun lalu. KKR Regional direncanakan untuk diadakan di 14 tempat di pulau Jawa dan sekitar 16 tempat di pulau Sumatera dan Kepulauan Riau selama bulan Maret dan April 2007. Hal ini tidaklah mudah, karena setiap tempat mempunyai kesulitan yang berbeda-beda, terutama untuk daerah-daerah yang baru pertama kali diadakan KKR Regional.

Time schedule yang cukup sempit akhirnya mengharuskan panitia mengadakan KKR di dua tempat sekaligus pada hari dan waktu yang sama. Ini merupakan salah satu kendala besar yang dihadapi panitia karena dengan demikian panitia harus terpecah menjadi dua tim, sementara tidak ada cukup penatalayan yang dapat melayani di dua tempat sekaligus. Akan tetapi, setelah semuanya berakhir, kita sungguh tidak dapat mengerti bila semuanya dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan yang berarti.

Segala jerih payah yang harus panitia lalui terhibur setiap kalinya ketika melihat begitu banyak anak-anak SD dan SMP/SMA yang maju untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat pribadi mereka. Bahkan tidak sedikit yang maju untuk menyerahkan diri menjadi hamba Tuhan. Sungguh ajaib melihat anak-anak kecil yang nakal dan berisik, tiba-tiba bisa duduk tenang dan mendengarkan khotbah dengan penuh perhatian. KKR Regional di Jawa dihadiri sekitar 46.000 siswa selama bulan Maret dan April 2007 dan sekitar 3.800 anak yang telah meresponi panggilan sebagai hamba Tuhan. Mari kita berdoa bagi firman yang telah didengar oleh anak-anak tersebut dan kiranya Tuhan memelihara komitmen mereka.

Gerakan Reformed Injili merupakan gerakan yang masih terus dipakai Tuhan untuk mengerjakan mandat Injil ini. Sebagai orang yang Tuhan letakkan di dalam gerakan ini, apakah respon kita? Apakah kita bersyukur bahwa kita boleh diberikan kesempatan untuk ikut mengambil bagian di dalam menjalankan mandat Injil ini? Atau kita malah bersungut-sungut dan menghindari kesempatan untuk melayani dalam event-event KKR ini? Banyak pekerja yang diperlukan untuk mengerjakan ladang Tuhan yang begitu luas. Maukah kita ikut mengerjakannya? Marilah kita berkomitmen serta terus belajar dan bertekun dalam menjalankan mandat yang begitu besar yang Tuhan percayakan kepada kita di zaman ini!

Kebaktian Paskah GRII se-Jabodetabek

Pada hari Minggu, 8 April 2007, terlihat suatu pemandangan yang tidak biasa di construction site Graha Reformed Millennium, yang sehari-harinya banyak pekerja berlalu-lalang dengan memakai safety helmet, terdengar suara mesin-mesin berat yang beroperasi, dan debu beterbangan di mana-mana. Pagi itu, sekitar jam 5 pagi, ketika langit masih gelap, kurang lebih 3.100 jemaat berdatangan untuk mengikuti kebaktian gabungan Paskah GRII se-Jabodetabek.

Sekitar jam 5.30 pagi, jemaat sudah mengambil tempat duduk mereka masing-masing di lantai beton yang tidak beralas, untuk beribadah di bawah langit sambil menikmati udara pagi dan matahari terbit. Saat matahari sudah terbit dan langit mulai terang, bangunan gedung gereja yang baru berdiri sekitar 10 m dari tanah mulai terlihat sebagai sebuah bangunan yang megah dengan bentuk yang unik. Lapangan tempat jemaat duduk berbentuk setengah lingkaran, dan merupakan tempat yang cukup luas untuk menampung sekitar 3.000 orang. Ini merupakan kebaktian yang pertama kali diadakan di tempat ini, dan juga sekaligus merupakan kebaktian yang sangat penting di mana kita merayakan kebangkitan Tuhan Yesus yang telah menang atas kuasa politik, agama, militer, hukum, massa, alam, bahkan maut.

Kebaktian Paskah yang dimulai bersamaan dengan terbitnya matahari bagaikan Tuhan Yesus yang telah bangkit dari kubur dan mengalahkan kuasa gelap. Sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata ketika kita berada di sana, merayakan kemenangan Tuhan kita dan sekaligus melihat gedung gereja yang kita doakan dan perjuangkan bersama-sama selama bertahun-tahun mulai berdiri.

Keseluruhan gedung yang dinamakan “Graha Reformed Millennium” (GRM) merupakan gedung serba guna yang berdiri di atas tanah seluas 14.635 m2 yang terletak di Jalan Industri, Kemayoran, Jakarta. Gedung ini terdiri dari tiga bagian besar: pertama, gedung gereja yang sebagian besar merupakan ruang kebaktian utama yang dapat memuat sekitar 4.000 orang; kedua, gedung kebudayaan yang terdiri dari ruang-ruang kelas, concert hall, museum, asrama, dan perpustakaan; ketiga, gedung perkantoran. Gedung GRM akan menjadi pusat untuk Mandat Budaya dan Mandat Injil, yang juga akan menjadi tempat Gereja Reformed Injili Indonesia Pusat dan Institut Reformed Jakarta.

Pembangunan gedung GRM telah dimulai sejak bulan April 2006, di mana pembangunan berawal dari penggalian sedalam 6 m dari tanah untuk pembangunan basement 2, dan sampai saat ini pembangunan telah mencapai lantai 1 (lantai dasar tempat diadakannya kebaktian Paskah). Perjalanan pembangunan gedung GRM masih jauh, karena masih ada sekitar 8 lantai lagi yang harus dibangun untuk gedung gereja dan gedung kebudayaan, dan 24 lantai lagi untuk gedung perkantoran. Masih banyak dukungan doa dan dana yang diperlukan sampai pembangunan gedung gereja ini dapat terselesaikan. Siapakah yang harus mendukung pembangunan gedung gereja ini selain kita semua yang akan menikmati gedung ini di kemudian hari, kita yang terpanggil di dalam zaman ini dalam gerakan ini? Soli Deo Gloria!

Adhya Kumara

Redaksi Pelaksana PILLAR

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk Konvensi Nasional 500 Tahun Reformasi dengan tema “Reformasi dan Dinamika Sejarah” yang diadakan di 17 kota di seluruh Indonesia.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Cardinal Newman famously said, “To be deep in history is to cease to be a Protestant.”

Selengkapnya...

www.biblearchaeology.org/post/2008/11/08/The-Manger-and-the-Inn.aspx Artikel ilmiah dalam jurnal ini menjelaskan...

Selengkapnya...

Terimakasih. Saya merasa sangat diberkati, diperingatkan juga dikuatkan dengan penyajian kisah reformasi dan...

Selengkapnya...

Terima kasih telah diingatkan bagaimana kasih Tuhan kepada kita, melalui reformasi yang dimotori Martin Luter dengan...

Selengkapnya...

Mohon maaf : Luther memanggil Copernicus sebagai “keledai/ orang bodoh yang mencari perhatian”, lengkapnya...

Selengkapnya...

© 2010, 2017 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲