Renungan Mingguan Khusus Pillar Online

Memulihkan Kerajaan

Per awal Juli 2022, perkembangan terakhir dari perang Rusia-Ukraina adalah pihak Rusia, setelah berhasil mencaplok kawasan selatan, sekarang sedang memfokuskan seluruh kekuatan untuk mengambil alih kawasan Timur Ukraina di daerah Donetsk dan Luhansk. Presiden Ukraina menanggapi dengan berikrar bahwa mereka akan merebut kembali semua daerah yang berhasil diambil alih oleh Rusia.

Sulit bagi kita generasi muda saat ini yang tidak pernah mencicipi keras dan kejamnya peperangan untuk memahami keinginan membara untuk merebut kembali baik daerah maupun kejayaan yang pernah direnggut oleh pihak musuh. Apakah keinginan tersebut akan pelan-pelan pupus seiring berjalannya waktu? Hmm… sepertinya dalam apa yang diminta oleh para murid kepada Tuhan Yesus sebelum Ia terangkat naik ke sorga - permintaan itu tidak lekang oleh waktu walaupun sudah berjarak ratusan tahun. “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” Suatu permintaan yang terlalu “berani”! Itu kan berarti meminta Israel yang “seujung jari” itu berhasil mengalahkan Kerajaan Romawi - sebuah kekuatan adikuasa yang tak terkalahkan saat itu.

Mungkin kita akan tertawa terbahak-bahak misalnya kalau kita mendengar Brunei mau menundukkan Amerika Serikat. Namun coba lihat apa respons Tuhan Yesus ketika Ia mendengar “mimpi besar” para murid. Ia tidak mengejek atau menertawakan. Ia menjawab, “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Kamu akan menerima kuasa! Kuasa apa? Kuasa menendang musuh sambil menebasnya dan berteriak, “This is Sparta!”?

Mari baca terus kisahnya di Kisah Para Rasul, kamu akan menyadari kuasa yang dimaksud tidaklah berkaitan dengan kuasa militer seperti kemenangan merebut tanah dengan pertumpahan darah. Setiap kali kuasa Roh Kudus diberikan kepada mereka adalah kuasa untuk memberitakan Injil dengan berani. Petrus dan para rasul lainnya dengan berani memberitakan Injil di Bait Allah, sarang para pemuka agama yang baru beberapa waktu yang lalu menyalibkan guru mereka. Paulus dengan berani bersaksi baik di hadapan massa maupun para pembesar seperti Gubernur Felix dan Raja Agripa.

Kisah Para Rasul ditutup dengan sebuah catatan “Paulus…. dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan Allah dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kristus” di kota Roma, jantung kekuasan Kekaisaran Romawi. WOW! Dalam hanya beberapa puluh tahun, sejarah gereja mencatat bahwa orang-orang Kristen akan masuk melewati tembok kota Roma dan masuk ke segala kota-kota lainnya, bukan dengan mengumpulkan legion tentara yang membawa tombak dan pedang, tetapi dengan strategi penaklukan yang tidak pernah ada di dalam sejarah sebelumnya: dengan berkumpul untuk berdoa, membaca firman, memecahkan roti, dan saling mengasihi. Seluruh Eropa kelak ditaklukkan dengan kuasa ini! This is the power of God’s Kingdom!

Heruarto Salim

Juli 2022

Silakan memberikan tanggapan, saran ataupun komentar di bawah.
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan ataupun mencabut komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah ataupun berisi kebencian.

Pastikan alamat email anda ditulis dengan benar,
karena anda harus mengkonfirmasi tanggapan anda melalui email.
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Saya yakin dan percaya gereja kerasulan adalah sebua organisasi kristus yg otoritasnya dari Tuhan Yesus; sekelompok...

Selengkapnya...

Puji Tuhan, Yesus baik. Sangat diberkati. Amin

Selengkapnya...

Syalom... Saya sangat percaya bahwa semua orang yang sedang membicarakan Firman dengan segala doktrin itu semua baik...

Selengkapnya...

Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲