Tulisan oleh "Ev. Eko Aria" (6 buah)

Artikel

Aku Melakukan Maka Aku Tahu

Epistemologi Praktis dan Sebuah Refleksi: Salib

Selengkapnya...

Artikel

Salib dan Kebangkitan: Skandal dan Kejutan Kemenangan

Salib yang merupakan salah satu simbol utama kekristenan telah sekian banyak mengundang kontroversi. Buat orang-orang Yahudi, salib menjadi batu sandungan yang begitu besar, sementara bagi orang non Yahudi, sebuah ketololan konyol. Paulus yang kita percaya sebagai salah satu pewarta kekristenan otentik menyatakan bahwa salib adalah kekuatan Allah. Artikel singkat ini bertujuan untuk melihat bagaimana salib (peristiwa penyaliban Yesus Nazareth), di tengah-tengah skandal yang sangat memalukan itu bisa berbunyi sebagai kekuatan Allah (1Kor. 2:18).

Selengkapnya...

Artikel

Puasa: Perkabungan dan Perayaan

Orang Kristen percaya bahwa pembenaran (dalam artian bahwa secara yuridis kita dipandang benar di hadapan Allah) adalah anugerah Allah semata dalam Kristus Yesus. Tidak mengherankan kita tidak menjalankan ibadah puasa (dalam konsep penyucian hidup) yang sama pada bulan ini. Berkenaan dengan puasa ini, khususnya di kalangan orang Kristen terjadi kebingungan yang tidak dipertanyakan namun dijalani (baik dengan melakukan atau tidak melakukannya). Banyak orang berpuasa ketika sedang meminta sesuatu kepada Allah, menyatakan kesungguhan kepada Allah, dan seolah dengan demikian memiliki kesempatan pengabulan doa yang lebih besar.

Selengkapnya...

Artikel

Eskatologi: Kedatangan Mesias (Pertama dan Kedua)

Eskatologi, khususnya dalam tradisi gereja kita merupakan salah satu topik yang teranaktirikan. Beberapa hal bisa kita usulkan berkenaan dengan jarangnya tema ini diangkat. Pertama, dalam dunia yang masih sangat diwarnai modernisme dalam berbagai bentuknya ini, eskatologi merupakan satu topik yang dianggap memiliki tingkat spekulasi yang terlalu tinggi; bicara eskatologi sangat diwarnai dengan ketidakpastian. Kedua, pandangan eskatologi yang khas futuristik membuat tema ini seolah kurang relevan. Ketiga, adanya alasan yang sedikit menggelikan berkenaan dengan John Calvin yang dalam hidupnya belum sempat menulis tafsiran kitab Wahyu, sehingga kita orang-orang yang mengaku berada dalam tradisi Calvinis merasa cukup sah untuk mengabaikan topik ini.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk WRF General Assembly 2019 yang telah diadakan pada 8-12 Agustus 2019.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Shalom Pak Pendeta. 1.Bagaimanakah saya boleh membeli buku hasil penulisan bapak? kerana saya berada di Malaysia...

Selengkapnya...

baik

Selengkapnya...

saya mau bertanya aja, kalau di katakan bahwa "when they were created, human can be self-centered",...atau...

Selengkapnya...

Terima kasih untuk renungan tentang kasih Allah.

Selengkapnya...

Asumsikan ada terbatas banyaknya bilangan genap jika dan hanya jika terdapat M yang merupakan bilangan terbesar dari...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲