Tulisan oleh "Ev. Eko Aria" (6 buah)

Artikel

Aku Melakukan Maka Aku Tahu

Epistemologi Praktis dan Sebuah Refleksi: Salib

Selengkapnya...

Artikel

Salib dan Kebangkitan: Skandal dan Kejutan Kemenangan

Salib yang merupakan salah satu simbol utama kekristenan telah sekian banyak mengundang kontroversi. Buat orang-orang Yahudi, salib menjadi batu sandungan yang begitu besar, sementara bagi orang non Yahudi, sebuah ketololan konyol. Paulus yang kita percaya sebagai salah satu pewarta kekristenan otentik menyatakan bahwa salib adalah kekuatan Allah. Artikel singkat ini bertujuan untuk melihat bagaimana salib (peristiwa penyaliban Yesus Nazareth), di tengah-tengah skandal yang sangat memalukan itu bisa berbunyi sebagai kekuatan Allah (1Kor. 2:18).

Selengkapnya...

Artikel

Puasa: Perkabungan dan Perayaan

Orang Kristen percaya bahwa pembenaran (dalam artian bahwa secara yuridis kita dipandang benar di hadapan Allah) adalah anugerah Allah semata dalam Kristus Yesus. Tidak mengherankan kita tidak menjalankan ibadah puasa (dalam konsep penyucian hidup) yang sama pada bulan ini. Berkenaan dengan puasa ini, khususnya di kalangan orang Kristen terjadi kebingungan yang tidak dipertanyakan namun dijalani (baik dengan melakukan atau tidak melakukannya). Banyak orang berpuasa ketika sedang meminta sesuatu kepada Allah, menyatakan kesungguhan kepada Allah, dan seolah dengan demikian memiliki kesempatan pengabulan doa yang lebih besar.

Selengkapnya...

Artikel

Eskatologi: Kedatangan Mesias (Pertama dan Kedua)

Eskatologi, khususnya dalam tradisi gereja kita merupakan salah satu topik yang teranaktirikan. Beberapa hal bisa kita usulkan berkenaan dengan jarangnya tema ini diangkat. Pertama, dalam dunia yang masih sangat diwarnai modernisme dalam berbagai bentuknya ini, eskatologi merupakan satu topik yang dianggap memiliki tingkat spekulasi yang terlalu tinggi; bicara eskatologi sangat diwarnai dengan ketidakpastian. Kedua, pandangan eskatologi yang khas futuristik membuat tema ini seolah kurang relevan. Ketiga, adanya alasan yang sedikit menggelikan berkenaan dengan John Calvin yang dalam hidupnya belum sempat menulis tafsiran kitab Wahyu, sehingga kita orang-orang yang mengaku berada dalam tradisi Calvinis merasa cukup sah untuk mengabaikan topik ini.

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Kebaktian Pembaruan Iman Nasional II bertemakan “Bertobatlah! Dan Hidup Suci” yang telah diadakan di kota pertama yaitu Kabanjahe pada tanggal 23 April 2019. Berdoa untuk rencana 100 kota yang akan dikunjungi di seluruh penjuru Indonesia dan 50 kota di luar negeri. Berdoa untuk Pdt. Dr. Stephen Tong, kiranya Tuhan memberikan kuasa untuk memenangkan jiwa-jiwa dan kekuatan untuk memberitakan Injil di masa tua beliau. Berdoa untuk setiap persiapan di kota-kota yang akan dikunjungi sehingga kemuliaan Tuhan dinyatakan sekali lagi di zaman ini.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Satu sisi kehidupan Daud akan pengenalan kepada Allah yang meneguhkanku dan membuat saya bertobat, apapun yang...

Selengkapnya...

saya bertanya saja. apa kalau saya beribadah menggunkan drum saya masuk neraka?

Selengkapnya...

Yang saya pahami, Langit yang baru dan Bumi yang baru adalah tempat tinggal manusia2 yg telah diselamatkan, dan...

Selengkapnya...

5 Tahun yg Lalu,saya Mengalami Suatu Dorongan Yg Begitu Kuat Melalui Firman ini,Saya Juga sempat Pergi...

Selengkapnya...

saya mendoakan senor rekan pelayanan saya yang sakit kanker, segala cara telah dilakukannya, hanya tinggal menunggu...

Selengkapnya...

© 2010, 2019 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲