Tulisan oleh "Ev. Sanny Erlando" (3 buah)

Artikel

Athanasius: Melawan Dunia bagi Dunia

Sejarah Gereja mengungkapkan kepada kita bahwa dalam setiap masa dan zaman, (selalu) bermunculan bidat demi bidat, yang jika kita perhatikan, penyebab utamanya adalah adanya oknum tokoh Gereja yang lebih menitikberatkan atau mementingkan suatu pengajaran melampaui doktrin lain, mengabaikan keharmonisan dan integrasi suatu doktrin dengan doktrin lain. Salah satu contoh, Marcionisme (abad 2-7 m) — yang didirikan oleh Marcion — yang mengatakan bahwa Allah Perjanjian Lama lebih rendah daripada Allah Perjanjian Baru karena Perjanjian Lama tidak selaras dengan ajaran Kristus.

Selengkapnya...

Artikel

Clement dari Roma: Suratnya kepada Gereja Korintus

Mengamati sejarah Gereja, kita melihat bahwa pada zaman Gereja mula-mula, ada beberapa tokoh atau pemimpin Gereja (Bapa-bapa Gereja); yang hidup sezaman dengan para rasul terakhir yang masih hidup saat itu. Di antara mereka yang kita ketahui adalah Barnabas, Hermas, Clement dari Roma, Polycarpus, Papias, dan Ignatius. Clement, seorang Uskup Roma, mungkin adalah rekan pelayanan Paulus yang dicatat dalam Filipi 4:3. Ia menulis sebuah surat kepada Gereja Korintus. Meskipun beberapa pihak meragukan keautentikannya, namun tidak ada bukti kuat untuk menyangkalnya.

Selengkapnya...

Artikel

Hidup Utuh Menyambut Adven Kedua

Sebagian orang Kristen menganggap dan memikirkan hal-hal eskatologis hanya berkaitan dengan hal-hal mendatang belaka (kedatangan Kristus kedua kalinya, penghakiman, dan lain-lain) yang masih “jauh”. Cara pandang seperti ini mirip dengan cara pandang Saulus yang dididik sebagai seorang Farisi yang tentunya memiliki cara pandang layaknya orang Yahudi, yang melihat sejarah manusia terbagi menjadi “zaman sekarang” (“the present age”) dan “zaman yang akan datang” (“the age to come”). Di mana “zaman sekarang” adalah zaman yang didominasi oleh dosa (sin), kejahatan (evil), dan kematian (death). Sedangkan “zaman yang akan datang” adalah masa di mana Allah akan kembali untuk Israel dan memerintah dalam Kerajaan-Nya. Bagi mereka, “zaman yang akan datang” itu belum tiba.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk KKR Natal yang telah diselenggarakan di tujuh kota pada bulan Desember, yaitu di Bandung, Medan, Batam, Denpasar, Kupang, Surabaya, dan Jakarta. Kiranya momen Natal boleh menjadi momen banyak orang kembali kepada Tuhan, mengingat kasih-Nya yang besar, dan bertekad hidup di dalam kebenaran-Nya. Berdoa agar Terang yang sudah masuk ke dalam dunia terus menerangi seluruh aspek hidup orang yang beriman kepada-Nya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲