Tulisan oleh "Evan Jordan" (7 buah)

Artikel

Paul on Ecclesiology

Jika kita mengilas balik sejarah gereja, kita akan menemukan begitu banyak peristiwa yang luar biasa. Perjuangan orang-orang Kristen di dalam mempertahankan iman mereka dan menghadapi tantangan zaman adalah peristiwa yang begitu penting. Jemaat Gereja Mula-mula rela dibakar hidup-hidup dan diterkam oleh binatang buas di dalam Koloseum.

Selengkapnya...

Artikel

Memeluk Anugerah

Dosa membuat manusia buta dalam melihat Allah dan anugerah-Nya, bahkan buta melihat diri sendiri. Kita tidak lagi bisa melihat Allah; walaupun kita tahu Dia ada, kita tidak bisa mengenal-Nya dan kita tidak lagi dapat dipuaskan oleh relasi dengan-Nya.

Selengkapnya...

Artikel

Reclaiming Humanism

“Siapakah manusia?” merupakan pertanyaan yang terus digumulkan oleh manusia di sepanjang sejarah. Pertanyaan ini muncul karena manusia sadar bahwa dirinya ada dan sadar bahwa dirinya adalah manusia. Namun, makhluk apa sesungguhnya manusia itu? Setiap zaman memiliki pertanyaan dan jawaban yang berbeda. Dalam artikel ini kita akan menilik bagaimana perkembangan pemikiran manusia tentang manusia itu sendiri. Pemikiran humanisme modern, dengan penafsiran rasionalnya, sebenarnya dimulai sejak abad ke-14, namun dalam artikel ini penulis akan memulai pembahasan dari Abad Pencerahan (abad ke-18) yang dianggap sebagai puncak dari humanisme modern, sampai postmodern hari ini.

Selengkapnya...

Artikel

Stubbornness of God

Kita pasti kesal dengan orang yang keras kepala. Orang yang keras kepala hanya tahu melakukan yang ia mau dan sulit untuk berubah. Rasanya melelahkan berelasi dengan orang yang keras kepala. Apalagi jika orang itu adalah rekan sepelayanan yang terus melayani bersama kita.

Selengkapnya...

Artikel

Hidupku di Tangan Sang Penghulu Hidup

Selama saya hidup, saya sadar satu hal: bahwa hidup ini adalah sebuah misteri. Saya tidak pernah memiliki inisiatif untuk hidup dan saya tidak pernah meminta untuk dilahirkan. Tetapi, faktanya hari ini saya hidup di Jakarta di abad ke-21. Kenapa saya hidup dan kenapa saya harus hidup?

Selengkapnya...

Artikel

Christianity, Pluralism, and Nationalism

Pluralitas masyarakat pasti ada dalam kehidupan bernegara di zaman modern ini. Globalisasi dan digitalisasi adalah dua gerakan yang sangat memengaruhi pluralitas tersebut. Hal ini dijelaskan dengan sangat menarik oleh Thomas L. Friedman di dalam bukunya The World is Flat.

Selengkapnya...

Artikel

Trinity as Our Worldview: An appreciation of John Frame and Vern Poythress trinitarian approach

Kekristenan pada zaman ini banyak mengalami kegagalan dalam pembelajaran doktrin-doktrin Kristen. Kita gagal untuk mengerti doktrin secara luas atau berlimpah tetapi juga utuh sebagai satu sistem atau kerangka iman. Sehingga pembelajaran doktrin adalah pembelajaran yang sifatnya hanya menambah informasi.

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk kondisi pandemi COVID-19 yang sudah makin melandai. Berdoa kiranya setiap orang Kristen mengambil kesempatan untuk dapat memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus terutama di dalam momen Jumat Agung dan Paskah di bulan ini. Bersyukur untuk ibadah fisik yang sudah dilaksanakan oleh banyak gereja dan bersyukur untuk kesempatan beribadah, bersekutu, dan saling menguatkan di dalam kehadiran fisik dari setiap jemaat.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲