Tulisan oleh "Susan Doelia" (6 buah)

Artikel

Covenantal Marriage vs Prenuptial Marriage (2)

Di dalam artikel yang pertama, penulis membahas relasi kovenan sebagai dasar pernikahan Kristen. Pernikahan sebagai cerminan relasi antara Allah dan Israel yang kemudian digenapi melalui relasi Kristus dan jemaat-Nya. Ini adalah relasi yang kekal dan tidak dapat dipisahkan. Jika pernikahan dipakai Tuhan sedemikian mulia, seharusnya tidak ada yang namanya “perceraian” di dalam pernikahan. Bandingkan dengan perjanjian pranikah yang dibuat sebagai antisipasi terjadinya perceraian. Bukankah ini bertentangan dengan janji yang kita ucapkan sendiri untuk setia sampai maut memisahkan? Apakah bagi kita itu cuma sekadar seremonial dan lip service belaka? 

Selengkapnya...

Artikel

The First Puritan in New England

William Bradford adalah salah satu tokoh kekristenan yang paling berpengaruh di sejarah Amerika. Namun, kebanyakan orang Kristen jarang mendengar nama tersebut. Kita mungkin lebih sering mengenal nama-nama seperti Jonathan Edwards, George Whitefield, dan Billy Graham yang memelopori gerakan penginjilan besar di Amerika. Walaupun demikian, pengaruh Bradford sangatlah penting bagi sejarah Amerika. Tanpa dia, mungkin kita tidak akan pernah mendengar nama-nama besar kekristenan yang sudah disebutkan sebelumnya. William Bradford adalah orang Puritan pertama yang memimpin sekelompok orang Inggris imigrasi ke benua Amerika Utara, yang pada saat itu disebut sebagai Dunia Baru (New World). Bradford bersama rekan-rekan lainnya tinggal di sana sebagai koloni baru dan menetapkan daerah itu sebagai Inggris Baru (New England). Siapa sangka keberanian Bradford ini menjadi awal dari era baru kekristenan yang berpindah dari benua Eropa ke Amerika.

Selengkapnya...

Artikel

Cinta Tuhan

Bagi orang Farisi, mengasihi Allah harus ditandai dengan ketaatan lahiriah kepada seluruh hukum Taurat. Ini adalah tujuan akhir dari hidup keagamaan orang Farisi. Maka, tidak heran jika orang Farisi sangat bangga ketika mereka bisa memenuhi semua checklist Taurat Tuhan.

Selengkapnya...

Artikel

The Evidence of Creation

Cerita asal mula alam semesta selalu menarik untuk dikaji. Mulai dari para ilmuwan dengan teori-teori saintifik mereka hingga para filsuf dengan filsafatnya. Berbagai macam teori dikemukakan untuk mengatasi permasalahan kosmologi[1] ini. Filsuf Yunani, Anaximander (610-546 SM) mengatakan bahwa fase awal bumi berbentuk air, maka hewan-hewan pertama tinggal di air. Kemudian manusia lahir dari hewan di air dan baru menjalani sebagian masa hidupnya di darat.

Selengkapnya...

Artikel

Merindukan Tuhan di Zaman Keputusasaan

Nabi Zakharia adalah anak dari imam Berekhya dan cucu dari Ido. Dia hidup pada zaman pembuangan Babel. Dia dan keluarganya kembali dari Babel bersama-sama dengan Zerubabel sekitar tahun 538 SM. Dua puluh tahun setelah kembali dari pembuangan, mereka tetap mengalami keputusasaan.

Selengkapnya...

Artikel

Hukuman atas Niniwe: Berkaca pada Kota Tebe (Nahum 3:8-10)

Di dalam Kitab Nahum pasal 3, digambarkan bahwa kota Tebe adalah kota yang secara geografis aman dari ancaman serangan bangsa lain dan mempunyai kekuatan militer yang tidak terbatas. Namun, kota yang begitu kuat dan secara geografis aman dari serangan akhirnya juga bisa ditawan dan dihancurkan.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk SPIK bagi Generasi Baru dengan tema Roh Kudus VI yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021. Berdoa kiranya setiap kita digerakkan oleh Tuhan untuk membawa banyak orang untuk dapat mengikuti acara ini dan mengerti akan pekerjaan Roh Kudus yang sejati di dalam kehidupan orang percaya. Berdoa kiranya Tuhan menggerakkan hati banyak orang. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan sesi-sesi dalam SPIK ini, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memberikan kuasa kepada mereka untuk memberikan pengertian bagi setiap jemaat dan menguatkan iman serta pengenalan akan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲