Tulisan oleh "Trisfianto Prasetio" (27 buah)

Artikel

Covenantal Marriage vs Prenuptial Marriage (2)

Di dalam artikel yang pertama, penulis membahas relasi kovenan sebagai dasar pernikahan Kristen. Pernikahan sebagai cerminan relasi antara Allah dan Israel yang kemudian digenapi melalui relasi Kristus dan jemaat-Nya. Ini adalah relasi yang kekal dan tidak dapat dipisahkan. Jika pernikahan dipakai Tuhan sedemikian mulia, seharusnya tidak ada yang namanya “perceraian” di dalam pernikahan. Bandingkan dengan perjanjian pranikah yang dibuat sebagai antisipasi terjadinya perceraian. Bukankah ini bertentangan dengan janji yang kita ucapkan sendiri untuk setia sampai maut memisahkan? Apakah bagi kita itu cuma sekadar seremonial dan lip service belaka? 

Selengkapnya...

Artikel

Covenantal Marriage vs Prenuptial Marriage

Momen pemberkatan nikah selalu terasa spesial bagi siapa pun yang menyaksikannya. Bagaimana tidak berkesan! Seorang laki-laki dan seorang perempuan yang sebelumnya tidak pernah saling kenal, sekarang berani memberi diri diikat oleh satu janji komitmen seumur hidup, menyatakan komitmen untuk tetap setia kepada pasangannya sampai maut memisahkan. Baik di saat senang maupun susah, baik di saat kekurangan maupun kelimpahan, tetap menjalin hidup bersama sebagai suami istri. Bukankah ini sebuah langkah iman yang besar?

Selengkapnya...

Artikel

Di dalam [Kematian & Kebangkitan] Kristus

Pernahkah kita memikirkan apa artinya menjadi seorang Kristen? Hidup di tengah masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, apa perbedaan kekristenan dengan agama lain? Kebajikan, kebenaran, dan kebaikan adalah tujuan yang sama bagi setiap agama. Seolah-olah antara kekristenan dan agama-agama lain dapat menghadirkan kebaikan yang "sama".

Selengkapnya...

Artikel

Di dalam [Salib] Kristus

Paulus melihat Mesias yang tersalib itu sebagai hal yang sangat penting bagi kehidupan orang Kristen. Seorang theolog bernama Michael Gorman menangkap maksud Paulus dan merangkumkan empat implikasi theologis dari salib Kristus.

Selengkapnya...

Artikel

The First Puritan in New England

William Bradford adalah salah satu tokoh kekristenan yang paling berpengaruh di sejarah Amerika. Namun, kebanyakan orang Kristen jarang mendengar nama tersebut. Kita mungkin lebih sering mengenal nama-nama seperti Jonathan Edwards, George Whitefield, dan Billy Graham yang memelopori gerakan penginjilan besar di Amerika. Walaupun demikian, pengaruh Bradford sangatlah penting bagi sejarah Amerika. Tanpa dia, mungkin kita tidak akan pernah mendengar nama-nama besar kekristenan yang sudah disebutkan sebelumnya. William Bradford adalah orang Puritan pertama yang memimpin sekelompok orang Inggris imigrasi ke benua Amerika Utara, yang pada saat itu disebut sebagai Dunia Baru (New World). Bradford bersama rekan-rekan lainnya tinggal di sana sebagai koloni baru dan menetapkan daerah itu sebagai Inggris Baru (New England). Siapa sangka keberanian Bradford ini menjadi awal dari era baru kekristenan yang berpindah dari benua Eropa ke Amerika.

Selengkapnya...

Artikel

Theologi kepada Pemulihan Relasi

Sudah setahun lebih seluruh dunia berjuang melawan pandemi COVID-19 ini. Berbagai usaha dan strategi telah dilakukan, termasuk vaksin yang mulai dilaksanakan di banyak negara. Beberapa orang mulai menatap tahun 2021 dengan optimistis jika vaksin ini dapat berfungsi dengan efektif. Tetapi ada satu lagi permasalahan umat manusia yang di setiap zaman sulit diatasi, yaitu masalah relasi. Masalah ini pun turut hadir bersama dengan pandemi COVID-19 ini. Tidak sekadar soal penyakit saja, ada banyak hal di dalam kehidupan manusia yang terganggu akibat pandemi ini. Kita berbicara tentang roda perekonomian yang makin lesu, hingga persoalan relasi yang makin memburuk. Kita berpikir dengan kebijakan kerja di rumah, setiap keluarga dapat menjadi lebih harmonis. Faktanya tidaklah demikian. Jumlah kasus bunuh diri justru makin meningkat selama pandemi.1 Begitu juga kasus perceraian meningkat dibanding tahun 2019.2 Jika penyakit COVID-19 masih mungkin dapat disembuhkan, lain halnya dengan masalah relasi yang kerap kali sulit diselesaikan. Anak yang tidak taat kepada orang tuanya, pertengkaran antara suami dan istri, rekan dan sahabat yang tidak sengaja menyakiti hati kita, hingga yang paling rumit adalah rusaknya relasi manusia dengan Allah.

Selengkapnya...

Artikel

Adakah Damai di Bumi?

Natal selalu dirayakan dan dinikmati dengan begitu sukacita nan meriah. Tetapi adanya pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal, termasuk perayaan Natal tahun ini. Bukankah hanya melalui Yesus Kristus kita dapat memperoleh sukacita dan pengharapan yang sejati, terutama ketika menghadapi pandemi ini?

Selengkapnya...

Artikel

One Movement

“COVID-19”, siapa sangka virus SARS-CoV-2 yang kecil ini bisa mengubah banyak hal di dalam kehidupan kita. Gereja pun ikut terdampak karena pandemi ini. Lebih dari empat bulan ini kita kesulitan melaksanakan ibadah fisik seperti biasanya. Ibadah terpaksa dilaksanakan secara daring melalui berbagai media yang ada.

Selengkapnya...

Artikel

Mengapa Ayub Menderita?

Pandemi COVID-19 menjadi catatan sejarah penting bagi kita di zaman ini. Tidak ada satu orang pun yang memprediksikan bahwa wabah ini akan secara begitu signifikan mengubah hidup manusia. Tidak ada yang menyangka bahwa virus sekecil ini dapat mengubah tatanan masyarakat dunia. Dibandingkan dengan berbagai peristiwa besar selama dua puluh tahun terakhir, mungkin pandemi ini adalah yang paling besar dampaknya kepada dunia.

Selengkapnya...

Artikel

The Evidence of Creation

Cerita asal mula alam semesta selalu menarik untuk dikaji. Mulai dari para ilmuwan dengan teori-teori saintifik mereka hingga para filsuf dengan filsafatnya. Berbagai macam teori dikemukakan untuk mengatasi permasalahan kosmologi[1] ini. Filsuf Yunani, Anaximander (610-546 SM) mengatakan bahwa fase awal bumi berbentuk air, maka hewan-hewan pertama tinggal di air. Kemudian manusia lahir dari hewan di air dan baru menjalani sebagian masa hidupnya di darat.

Selengkapnya...

Artikel

Is There Any Place for Revelation in Modern Science?

It is often represented as if only the special science of theology concerned itself with God and divine things, and as if all the other sciences, particularly the natural sciences, have nothing whatever to do with God.” – Herman Bavinck

Selengkapnya...

Artikel

Being Evangelical in the Self-Pleasing World

Ketika berbicara mengenai asal mula kata “Injili” (evangelical), ada banyak perdebatan baik di kalangan sejarawan maupun para theolog.

Selengkapnya...

Artikel

Merindukan Tuhan di Zaman Keputusasaan

Nabi Zakharia adalah anak dari imam Berekhya dan cucu dari Ido. Dia hidup pada zaman pembuangan Babel. Dia dan keluarganya kembali dari Babel bersama-sama dengan Zerubabel sekitar tahun 538 SM. Dua puluh tahun setelah kembali dari pembuangan, mereka tetap mengalami keputusasaan.

Selengkapnya...

Artikel

Betulkah Manusia sudah Rusak Total?

Total Depravity” (Kerusakan Total) telah menjadi istilah yang kurang populer di abad ke-21 ini, bahkan di kalangan orang Kristen sekalipun. Bagaimana tidak, berbagai hal yang kita temui di zaman ini justru mengajarkan bahwa manusia tidak sepenuhnya rusak. Bagi banyak orang, masih ada sejumlah kebaikan di dalam setiap kejahatan atau keburukan manusia.

Selengkapnya...

Resensi

Inconspicuous Providence: The Gospel According to Esther

INCONSPICUOUS PROVIDENCE:
THE GOSPEL ACCORDING TO ESTHER

Judul Asli: The Gospel According to Esther
Pengarang: Bryan R. Gregory
Jumlah Halaman: 212
Penerbit: P&R Publishing

Selengkapnya...

Artikel

Bangsa Asyur dan Budaya Konsumerisme di Abad ke-21 Ini

Hukum pertama dari 10 Hukum Taurat, “Janganlah ada padamu allah lain di hadapan-Ku,” kerap kali ditafsirkan secara sempit hanya pada penyembahan berhala secara fisik, seperti percaya pada jimat ataupun ajaran-ajaran yang bersifat animisme.

Selengkapnya...

Artikel

With No Power Comes No Responsibility

Bagi kita yang hidup di awal tahun 2000-an pasti pernah mendengar kata-kata pada judul artikel ini. Kalimat tersebut merupakan pelesetan dari kutipan ini, “With great power comes great responsibility”. Kutipan yang dapat kita temukan pada film superhero Spider-Man.

Selengkapnya...

Artikel

Memahami Nubuat di Alkitab dari Perspektif Kitab Yoel

Seperti yang kita ketahui, Alkitab banyak menuliskan tentang nubuat atau wahyu. Sejak kejatuhan manusia pertama saja, Allah menyatakan nubuat tentang keselamatan melalui keturunan perempuan, tetapi banyak di antara kita yang tidak memperhatikan secara detail setiap perkataan nubuat, sehingga kita sering kali kehilangan atau melewatkan makna yang limpah darinya.

Selengkapnya...

Artikel

Imanuel, Apa Maknanya di Abad ke-21 Ini?

Salah satu konteks pergumulan yang dibahas adalah mengenai pergumulan tubuh manusia. Bahwa di zaman postmodern ini, aspek tubuh menjadi sesuatu yang sangat diperhatikan oleh manusia. Hal ini sangat kontras dengan zaman modern yang cenderung tidak menaruh perhatian pada aspek tubuh manusia. Bagi mereka, manusia dinilai dari rasionya, bukan dari tubuh fisiknya. Sehingga di zaman modern wajah jelek tidak menjadi soal, yang penting rasionya dapat berjalan dengan baik.

Selengkapnya...

Artikel

Esther: God's Presence in Every Moment of Life

Jikalau kita membaca keseluruhan Alkitab secara teliti, kita akan melihat bagaimana Allah menyatakan kehadiran-Nya dengan cara yang limpah. Ada kalanya Allah hadir dengan kemuliaan-Nya, sehingga siapa pun yang melihat-Nya pasti akan mati. Sebaliknya, Allah juga bisa hadir dengan kasih melalui inkarnasi Yesus Kristus.

Selengkapnya...

Artikel

Kebangunan Epistemologi bagi Pemuda Kristen

Sebagai pemuda kita tidak dapat lepas dari pengetahuan. Ada rentang kira-kira 20 tahun lebih hidup kita dari anak-anak sampai pemuda diisi dengan pengejaran akan pengetahuan melalui sekolah dan universitas. Ketika kita kelak beranjak dewasa, pengetahuan yang kita kejar semakin bervariasi mulai dari relasi pasangan hidup, keluarga, hubungan pekerjaan, dan tentunya pengenalan akan Tuhan yang semakin dalam. Bagaimana kita mengetahui sesuatu adalah kebenaran dengan benar?

Selengkapnya...

Artikel

Human Rights, Man’s Dignity, and Sin

Salah satu isu global yang masih diperdebatkan dengan panas hingga saat ini adalah mengenai isu LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender). Walaupun beberapa negara di Eropa, seperti Belanda, sudah lama melegalkan pernikahan sejenis, tetapi isu ini bergejolak besar ketika Amerika melegalkannya sekitar bulan Juli 2015. Semenjak saat itu beberapa negara mengikuti langkah Amerika dengan melegalkan pernikahan sejenis. Negara terakhir yang melakukannya adalah Taiwan. Bagi sebagian orang hal ini adalah sebuah kemajuan di dalam penghargaan terhadap hak asasi manusia (HAM).

Selengkapnya...

Artikel

What is Providence of God?

Providensia Allah menyatakan bahwa Allah terus berinteraksi dengan manusia, dan hal ini seharusnya memberikan penghiburan dan pengharapan bagi manusia.

Selengkapnya...

Artikel

Allah dan Probabilitas

Hidup ini tidak selalu berjalan dengan penuh kepastian atau terprediksi sesuai pemikiran dan pengalaman kita. Siapa pun pasti menyadari bahwa ada ketidakpastian dalam hidup ini yang tidak mampu kita kontrol dan prediksi. Ada persentase kemungkinan untuk suatu peristiwa dapat terjadi di luar yang ditunggu-tunggu. Dalam ranah ilmiah, kita menyebutnya sebagai probabilitas.

Selengkapnya...

Resensi

Wisdom and Wonder: Common Grace in Science and Art

Theologi Reformed mengenal dua jenis anugerah, yakni anugerah khusus (particular grace) dan anugerah umum (common grace). Anugerah khusus adalah anugerah keselamatan yang diberikan kepada umat pilihan-Nya. Sedangkan anugerah umum berupa alam ciptaan yang keindahan dan kompleksitasnya dapat dinikmati oleh semua orang, entah itu orang percaya atau bukan. Abraham Kuyper adalah salah satu theolog yang memopulerkan kata “common grace” dan memakai kata tersebut sebagai judul bukunya. Karya aslinya ditulis dalam bahasa Belanda, tapi kemudian Christian’s Library Press menerjemahkannya dalam bahasa Inggris. Buku Wisdom and Wonder: Common Grace in Science and Art adalah proyek terjemahan pertama dari total tiga volume buku tersebut. Alasan utama penerbit melakukan proyek ini adalah kurangnya tendensi sebagian besar gereja Injili dalam menjangkau kaum intelektual. Hal ini mengakibatkan bidang-bidang intelektual seperti sains dan seni dipakai oleh manusia untuk melawan Tuhan. Melalui buku ini, Abraham Kuyper menegaskan kembali sains dan seni adalah anugerah umum yang Allah berikan untuk menyatakan kebenaran, keindahan, dan kebaikan bagi manusia.

Selengkapnya...

Artikel

Allah Bersama-sama dengan Kita

Ada 2 momen penting yang diperingati oleh orang-orang Kristen yaitu Paskah dan Natal. Jikalau kita membandingkan kedua perayaan itu di kehidupan sehari-hari, maka terlihat ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Kita sebagai orang Kristen pun tanpa disadari ikut terseret oleh arus dunia di dalam memaknai momen Natal ini. Kita dengan senang hati mengikuti cara dunia memaknai Natal. Sering kali kita melupakan tujuan merayakan Natal yang sesungguhnya.

Selengkapnya...

Artikel

Melihat Keindahan pada Rumus Fisika

Apakah betul sains dan agama itu saling bertentangan? Atau sebenarnya ada hal yang lebih mendasar daripada itu?

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk SPIK bagi Generasi Baru dengan tema Roh Kudus VI yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021. Berdoa kiranya setiap kita digerakkan oleh Tuhan untuk membawa banyak orang untuk dapat mengikuti acara ini dan mengerti akan pekerjaan Roh Kudus yang sejati di dalam kehidupan orang percaya. Berdoa kiranya Tuhan menggerakkan hati banyak orang. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan sesi-sesi dalam SPIK ini, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memberikan kuasa kepada mereka untuk memberikan pengertian bagi setiap jemaat dan menguatkan iman serta pengenalan akan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲