Tulisan oleh "Robin Gui" (18 buah)

Artikel

Wahyu Umum: Bavinck, Barth, dan Van Til

Dalam kisah yang terkenal, Barth menjawab Brunner dengan penolakan keras atas kemampuan manusia untuk mendapatkan pengetahuan akan Allah di luar Kristus Yesus. Jawaban “Tidak”-nya menjadi jargon terkenal yang diulang terus-menerus ketika seseorang membicarakan theologi wahyu dari Barth.

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (6)

Setelah membedah Kitab Galatia, kita dapat melihat bagaimana Paulus memberikan gambaran tentang karunia yang besar. Peristiwa kehadiran Kristus digambarkan sebagai puncak dari karunia Allah. Allah Bapa, dalam kesempurnaan kasih-Nya, menganugerahkan Kristus—Anak-Nya yang tunggal—kepada kita yang tidak layak menerima-Nya, kepada yang "fasik" dan "lalim".

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (5)

Di dalam artikel sebelumnya, kita melihat bagaimana pembahasan Paulus tentang Taurat di seluruh Galatia 3-4 diarahkan kepada tujuan praktis. Dalam mengesampingkan Taurat dalam narasi perjanjian dan dalam menyatakan ketidakmampuan Taurat untuk memengaruhi pemenuhan janji-janji Allah dalam berbagai cara, Paulus telah melakukan hal yang lebih jauh dari sekadar kritik teoretis.

Selengkapnya...

Artikel

Reformasi, Luther, dan Anugerah: Pengertian Anugerah Sebelum dan Sesudah Reformasi

Pada zaman sebelum Reformasi Gereja abad ke-16, anugerah tidaklah dimengerti sebagaimana kita mengerti sekarang. Di zaman itu, selain anugerah Allah (prevenient grace), tanggung jawab manusia seakan diperlukan untuk membuat manusia layak diterima oleh Tuhan. Anugerah hanya diberikan Allah kepada orang yang menyesal dan insaf sehingga mereka berbalik melakukan perbuatan-perbuatan baik sesuai dengan hukum-hukum Allah dan layak untuk mendapatkan hidup yang kekal.

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (4)

Di bagian sebelumnya, kita telah melihat bagaimana Paulus mencoba menjelaskan bahwa peristiwa Kristus bukanlah sekadar peristiwa yang muncul lalu berlalu begitu saja. Karena bagi Paulus, peristiwa ini merupakan karunia tanpa syarat, yang tidak berdasarkan pada kelayakan ataupun kesiapan dari penerimanya, melainkan sesuai dengan janji dan rencana Tuhan. 

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (3)

Dalam artikel kali ini, sejumlah bagian dari Surat Galatia akan ditinjau untuk membingkai diskusi kita dalam melihat bagaimana Paulus mengaitkan karunia Kristus dengan “janji” Allah.

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (2)

Di dalam pembahasan sebelumnya mengenai pembukaan Surat Galatia, kita dipanggil untuk kembali melihat kuasa karunia dari “Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati” (1:1) dan juga “Tuhan Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya karena dosa-dosa kita, untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini, menurut kehendak Allah dan Bapa kita” (1:4); sebagai karunia yang inkongruen (tidak selaras).

Selengkapnya...

Artikel

Paulus, Galatia, dan Karunia (1)

Beberapa minggu lalu, ada seorang yang bertanya, “Apa sih uniknya kekristenan?” Jawab saya langsung, “Anugerah.” Kekristenan adalah satu-satunya agama yang memberikan penekanan luar biasa kepada “gift” atau “pemberian” (mungkin kita lebih sering mendengarnya sebagai “karunia” atau “anugerah”). Bahkan penekanan ini dijadikan salah satu jargon Gerakan Reformasi: sola gratia. Namun apa sebenarnya “karunia” ini?

Selengkapnya...

Artikel

Realisme Eskatologis

Bagi orang Kristen, pemahaman apa pun yang kita miliki mengenai bagaimana segala sesuatu berada saat ini, tidak dapat diartikulasikan secara memadai, tanpa merujuk kepada parousia, yakni masa ketika ciptaan akan ditransformasikan.

Selengkapnya...

Artikel

Merayakan Pancasila: Kemanusiaan, Ketuhanan, dan Bernegara

Di awal bulan ini kita merayakan lahirnya Pancasila, sebuah dasar negara adiluhung nan perkasa. Pancasila yang merupakan dasar negara digadang sebagai satu arah pikiran, satu arah kepercayaan sebagai sebuah bangsa. Namun, belakangan ini makna Pancasila ini seakan kabur, dan lebih jauh sebagai seorang Kristiani, apa yang membuat kita turut merayakan Pancasila? Kepragmatisan atau herd mentality-kah? Atau ada alasan lain? Pada saat kali ini, penulis akan mencoba merefleksikan pemikiran Pancasila yang tak lepas dalam refleksi iman kita sebagai seorang Kristiani.

Selengkapnya...

Artikel

For You, The Sun Of Righteousness Shall Rise: Memaknai Kedatangan Kristus bersama Maleakhi

Sering kali Kitab Maleakhi diabaikan dalam pembacaan kita akan Kitab Suci. Selain karena sulit, kitab ini juga hanya memberikan kita sedikit gambaran berkaitan dengan Tuhan kita, Kristus Yesus.

Selengkapnya...

Artikel

Perseverance

Di dalam perjalanan hidup kita di dunia, peperangan terjadi secara nyata. Saya, Anda, dan orang-orang di sekitar kita terlibat di dalam peperangan ini. Kita diintai oleh predator mengerikan dan dijatuhkan oleh Penguasa Kegelapan. Ia menanti saat di mana kita teperdaya untuk menggenapi rencana Si Jahat.

Selengkapnya...

Artikel

Kenaikan Kristus dan Gereja

Salah satu keunikan Theologi Reformed adalah pandangan akan kenaikan Kristus ke sorga. Dalam perenungan atas kenaikan Kristus ke sorga, John Calvin mengambil langkah yang berbeda dibandingkan tradisi mistis Abad Pertengahan yang menekankan deifikasi atau pendakian roh manusia kepada Kristus dalam rangka penebusan.

Selengkapnya...

Artikel

Obadiah: The Tale Of Two Brothers

Hubungan antara Edom dan Israel adalah tema Alkitab yang menarik. Hubungan keduanya terjalin seperti untaian benang sepanjang sejarah Perjanjian Lama. Dimulai dari keberadaan mereka sebagai dua saudara (Esau dan Yakub), berlanjut sampai keduanya menjadi bangsa yang besar, hingga pada akhirnya penghancuran Bait Suci Israel dan pengasingan Yehuda.

Selengkapnya...

Artikel

Amos and Death

Kitab Amos merupakan kitab yang cukup menakutkan. Amos, seorang peternak dari Tekoa, mengutarakan kutuk kematian kepada seluruh pendengar dan pembaca, seakan-akan mereka (kita) telah mati.

Selengkapnya...

Artikel

Seorang Anak telah Lahir

Nabi Yesaya memberikan penglihatan yang mungkin agak aneh bagi kita di masa ini. Imajinasi mengenai pembebasan kaum yang tertindas dan damai yang mengakhiri segala perang berdarah, damai yang kekal dan menetap, bermunculan terus-menerus dalam perikop ini. Imajinasi yang tampaknya begitu sosialis ini begitu menggugah dan terlalu liar untuk dituliskan pada zaman itu, apalagi imajinasi ini menyangkut kuasa politik besar di belakangnya, Asyur.

Selengkapnya...

Artikel

On Being Reformed: Toward a Reformed Hospitality

Natal merupakan masa yang paling tepat bagi kita semua untuk merenungkan kembali momen kasih Allah yang ajaib, di mana Kristus rela mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa sama seperti kita, berdaging dan berdarah tetapi tanpa dosa (Flp. 2:7). Sayangnya sebagai orang Kristen, kita cenderung mengabaikan kesempatan ini.

Selengkapnya...

Artikel

God's Holy Nation: A Survey of the Old Testament

Konsep umat Allah merupakan sebuah konsep yang sangat menarik. Menarik karena Allah kita yang merupakan Kepenuhan yang Mandiri (self-contained fullness) dan Pribadi yang Absolut (absolute personality) mau “mengikat” diri-Nya kepada sekumpulan orang yang disebut sebagai umat Allah.

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk kondisi pandemi COVID-19 yang sudah makin melandai. Berdoa kiranya setiap orang Kristen mengambil kesempatan untuk dapat memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus terutama di dalam momen Jumat Agung dan Paskah di bulan ini. Bersyukur untuk ibadah fisik yang sudah dilaksanakan oleh banyak gereja dan bersyukur untuk kesempatan beribadah, bersekutu, dan saling menguatkan di dalam kehadiran fisik dari setiap jemaat.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲