Tulisan oleh "Alvin Natawiguna" (8 buah)

Artikel

Paulus dan Status Quo

Bagi kita yang pernah kuliah di Indonesia, kita mungkin pernah mendengar lima peran dan tanggung jawab mahasiswa dalam masyarakat: Agent of change, Social control, Moral force, Guardian of value, Iron stock.

Selengkapnya...

Artikel

Peran Wanita dalam Pelayanan Paulus

R.A. Kartini merupakan sosok wanita yang sangat berpengaruh di Indonesia. Melalui tulisan-tulisannya, Kartini telah menginspirasi wanita-wanita pada zaman setelahnya untuk tidak tunduk kepada tekanan tradisi yang tidak benar. Seorang wanita seharusnya tidak hanya dipingit, menikah, dan melahirkan anak saja, namun juga berhak mengenyam pendidikan dan mengekspresikan pendapatnya. Tulisan-tulisannya membuat dirinya dikenang sebagai role model dalam kesetaraan gender di Indonesia.

Selengkapnya...

Artikel

It Is (Not) Well with My Soul: A Reflection on Depression

Kita pasti pernah merasakan hidup yang kosong, hampa, dan tanpa gairah. Satu masa ketika hal sehari-hari yang kita lakukan tidak membawa “bahagia”, atau sepertinya sudah tidak ada maknanya lagi. Hobi yang tadinya membuat kita senang, sekarang terasa hambar. Pekerjaan sulit yang dilakukan sepertinya sudah tidak ada gunanya karena orang nanti akan melupakannya. Bisnis, usaha, atau kekayaan yang dibangun bertahun-tahun hilang dalam sekejap karena wabah yang mendunia. Keluarga dan sahabat datang dalam masa terbatas dan kemudian pergi untuk selamanya. Akhirnya, selamat datang depresi.

Selengkapnya...

Artikel

Amos: Peringatan Tuhan atas Bangsa yang Angkuh

Tahun 1837, di London, Inggris, hari itu matahari sudah tepat di atas kepala. Bel berbunyi, menandakan waktu para pekerja meletakkan peralatan mereka dan pergi untuk beristirahat. Di antara mereka, terlihat muka anak-anak putih kecil yang menghitam akibat batu bara yang mereka masukkan ke dalam tungku. Mungkin Anda akan sulit membedakan mereka dari anak budak-budak Afrika yang ada di kebun-kebun orang kaya.

Selengkapnya...

Artikel

Obaja

Kitab Obaja adalah salah satu kitab yang membahas perihal kesombongan dan pengharapan. Kedua hal ini adalah isu yang masih relevan dengan zaman kita sekarang. Kesombongan adalah sikap hati yang sering kali menandai awal kejatuhan dari seseorang atau sebuah organisasi. Sedangkan di sisi lain pengharapan menjadi kekuatan pendorong di dalam kita menghadapi konteks hidup yang sulit.

Selengkapnya...

Artikel

Alkitab dan Pengalaman Manusia (2)

Peranan pengalaman di dalam interpretasi atau mengerti kebenaran adalah salah satu issue yang masih hangat dibahas pada saat ini. Munculnya Gerakan Liberal dan Karismatik pada akhir zaman modern membawa perubahan cara pandang kekristenan terhadap pengalaman.

Selengkapnya...

Artikel

Alkitab dan Pengalaman Manusia (1)

Pengalaman adalah bagian yang tidak terlepaskan dari hidup kita. Pengalaman itu selalu mewarnai hari-hari kita hidup. Pengalaman-pengalaman ini, baik yang diteruskan melalui orang lain maupun yang kita alami sendiri, akan membantu kita lebih mengenal pribadi dan identitas diri.

Selengkapnya...

Artikel

Mungkinkah Manusia Digantikan oleh Mesin: Sebuah Pengantar Cara Pandang Kristen terhadap Artificial Intelligence

AI adalah studi yang sangat diharapkan untuk dapat mengembangkan suatu teknologi yang sangat canggih yang dapat memudahkan hidup manusia. Ide-ide yang begitu spektakuler terus diusahakan agar dapat terjadi.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Seminar Reformasi dengan tema “What if No Reformation?” yang telah diadakan pada tanggal 30 Oktober 2021. Bersyukur untuk setiap firman yang telah dibagikan, kiranya melalui seminar ini setiap kita makin mengerti dan menghargai arti Reformasi yang telah dikerjakan oleh para reformator yang telah memengaruhi segala aspek kehidupan kita, dan kiranya Gereja Tuhan tetap dapat mereformasi diri untuk selalu kembali kepada pengertian akan firman Tuhan yang sejati. 

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲