Tulisan oleh "Hanshen Jordan" (5 buah)

Artikel

Memahami Konsep Paulus: Di dalam Kristus, Manusia Lama, dan Manusia Baru

Bagaimanakah kita menjelaskan sesuatu yang terjadi pada Kristus bisa memiliki relasi dengan hidup kita? Paulus di dalam surat-suratnya menyatakan bahwa yang Kristus alami dan genapkan itu bisa diaplikasikan dan memberikan signifikansi bagi umat-Nya. Cara berpikir seperti apa yang sedang ingin Paulus ajarkan kepada kita? Paulus memberikan jawaban, yaitu berupa suatu konsep tentang Kristus sebagai Adam terakhir dan Pembuka Jalan bagi kemanusiaan baru. Melalui konsep ini, kita akan melihat lebih jauh struktur dasar pengajaran Paulus ini.

Selengkapnya...

Artikel

Bait Allah: Kutuk dan Berkat Berlimpah bagi Pendosa Terbesar

Kitab Hagai dibuka dengan kalimat tuduhan Allah terhadap bangsa Israel yang belum lama pulang dari pembuangan Babel. Setelah 70 tahun lebih diperbudak di Babel, bangsa Israel akhirnya pulang ke Yerusalem. Ketika di Yerusalem, sejauh mata mereka memandang, yang ada hanya reruntuhan akibat kalah perang.

Selengkapnya...

Artikel

Irresistible Grace

Berbicara mengenai doktrin apa pun, termasuk doktrin anugerah Allah yang tidak dapat ditolak (irresistible grace), tidak jarang membuat gereja terpecah karena masing-masing orang bisa memiliki tafsirannya sendiri.

Selengkapnya...

Artikel

Jealous Love

Jika kita membaca sejarah, kita bisa melihat bahwa Nabi Nahum hidup setelah Nabi Yunus. Hal ini menunjukkan bahwa Asyur, yang tadinya ditegur Nabi Yunus dan bertobat, kembali lagi ke dosa lamanya, dan kemungkinan lebih parah daripada sebelumnya. Niniwe adalah ibu kota dari Asyur di bawah kuasa Sennacherib, raja Asyur. Ia berambisi memperluas dan membesarkan Niniwe, dan memperbudak Israel dan hartanya untuk mewujudkan ambisinya itu. Kota yang menyembah Dewi Ishtar ini sedang dipersiapkan Sennacherib untuk menjadi kota paling besar dan kota paling sombong di seluruh dunia.

Selengkapnya...

Artikel

Doctrine of Man and Sin: Sin as Relationship Betrayal

Dosa sering kali dimengerti sebagai sebuah tindakan praktis. Seseorang dikatakan sudah berdosa saat orang itu telah melakukan tindakan nyata secara fisik. Jikalau dosa hanya sebatas perbuatan tampak luar saja, maka penebusan yang diperlukan mungkin tidak perlu sebesar yang kita mengerti saat ini. Ini adalah cara mengerti dosa seperti seorang legalis.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Seminar Reformasi dengan tema “What if No Reformation?” yang telah diadakan pada tanggal 30 Oktober 2021. Bersyukur untuk setiap firman yang telah dibagikan, kiranya melalui seminar ini setiap kita makin mengerti dan menghargai arti Reformasi yang telah dikerjakan oleh para reformator yang telah memengaruhi segala aspek kehidupan kita, dan kiranya Gereja Tuhan tetap dapat mereformasi diri untuk selalu kembali kepada pengertian akan firman Tuhan yang sejati. 

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲