Tulisan oleh "Kenneth Hartanto" (9 buah)

Artikel

Etika Menurut Rasul Paulus

Paulus adalah seorang rasul yang paling banyak berkontribusi di dalam menulis surat-surat yang mengisi sebagian besar dari Perjanjian Baru. Dari surat-surat Paulus ini, kita mendapatkan begitu banyak pelajaran mulai dari topik tentang keselamatan hingga hal-hal yang bersifat personal untuk Timotius atau Titus berkenaan dengan tata kelola gereja. Namun di dalam artikel ini, kita akan bersama-sama belajar mengenai etika menurut Rasul Paulus di dalam Surat 1 Korintus.

Selengkapnya...

Artikel

God in the Fall of Man, Suffering, and Evil

Problem of evil adalah salah satu permasalahan theologis yang paling susah di dalam kekristenan. Secara umum, problem of evil dijelaskan di dalam silogisme demikian:

Selengkapnya...

Artikel

A Brief History of the Canons of Dordt

Jikalau kita mempelajari sejarah gereja, kita akan tahu bahwa pada zaman pra-Reformasi, gereja terbagi menjadi dua aliran besar, yaitu Gereja Barat (Roma Katolik) dan Gereja Timur (Ortodoks Timur).

Selengkapnya...

Artikel

Henokh: Setia Hidup bersama Allah

Henokh merupakan satu tokoh Alkitab yang sangat menarik. Di satu sisi, Henokh dicatat di dalam Alkitab hanya sebanyak tiga kali, yaitu di Kejadian 5, Ibrani 11, dan Yudas 14.

Selengkapnya...

Artikel

Education and Pragmatism

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world!” Kutipan ini dikatakan Nelson Mandela berkenaan dengan signifikansi dari pendidikan bagi umat manusia. Pada umumnya, orang akan setuju dengan kutipan di atas karena kita percaya bahwa melalui pendidikan kehidupan manusia dapat diubah menjadi lebih baik. Tidak banyak yang menganalisis dan mengkritisi filsafat di balik sistem pendidikan zaman sekarang, apalagi membandingkan dengan yang Alkitab nyatakan tentang tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Selengkapnya...

Artikel

The Significance of Soli Deo Gloria

Jika kita perhatikan baik-baik, Reformasi merupakan sebuah gerakan yang begitu agung, suatu bentuk intervensi Tuhan di dalam sejarah umat manusia. Demikian juga semangat yang dikobarkan oleh gerakan ini, sangatlah krusial bagi keberlangsungan dan keutuhan sejarah keselamatan. Secara singkat, semangat gerakan ini salah satunya tercermin dalam “Lima Sola.”

Selengkapnya...

Artikel

Natal dan Reformasi: Kebebasan Beragama, Reformasi, dan Radikalisme

Kebebasan beragama masih menjadi salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan dan salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh masyarakat dunia. Contohnya adalah kasus-kasus berbau SARA yang merebak di Indonesia belakangan ini.

Selengkapnya...

Artikel

Doctrine of the Knowability of God

Doctrine of the knowability of God sering dianggap sebagai salah satu doktrin yang paling sentral di dalam kekristenan. Jika Allah tidak dapat dikenal, maka penyembahan kepada-Nya menjadi sesuatu yang mustahil.

Selengkapnya...

Artikel

Theology and Counselling Psychology

Sam Harris, salah satu pilar gerakan atheisme baru (new atheism), pernah mengatakan bahwa keberhasilan di dalam bidang sains sering kali datang dengan mengorbankan dogma keagamaan atau theologi, dan sebaliknya. Kutipan di atas sebenarnya merupakan suatu manifestasi dari semangat Zaman Pencerahan (Age of Enlightenment) yang meninggikan supremasi rasio dan kemampuan manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, orang mulai menganggap theologi sebagai sesuatu yang kuno, sempit, dan hanya berguna untuk ranah spiritual saja.

Selengkapnya...

Unduh PDF
Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk kondisi pandemi COVID-19 yang sudah makin melandai. Berdoa kiranya setiap orang Kristen mengambil kesempatan untuk dapat memberitakan Injil dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus terutama di dalam momen Jumat Agung dan Paskah di bulan ini. Bersyukur untuk ibadah fisik yang sudah dilaksanakan oleh banyak gereja dan bersyukur untuk kesempatan beribadah, bersekutu, dan saling menguatkan di dalam kehadiran fisik dari setiap jemaat.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

terimakasih, bagi saya sangat memberkati karena orang percaya hidup dalam peperangan rohani. karena itu Allah terus...

Selengkapnya...

Bagaimana jika Saat di Rafidim. bgs Israel tidak bersungut-sungut. Melainkan sabar dan kehausan tsb apakah mungkin...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲