Tulisan oleh "Hans Tunggajaya" (8 buah)

Artikel

Hidup sebagai Remaja yang Diremehkan

Masa remaja adalah masa yang menyulitkan bagi banyak remaja. Remaja cenderung diremehkan oleh banyak orang yang lebih tua. Mereka dianggap anak-anak dan disepelekan. Akibatnya, remaja mengalami berbagai macam krisis. Tulisan ini bermaksud untuk memberikan dorongan dan arah kepada para remaja yang merasa diremehkan oleh dunia.

Selengkapnya...

Artikel

Pemberitaan Firman yang Murni

Tanda dari gereja yang sejati ada dua: pemberitaan firman yang murni dan pelaksanaan sakramen yang benar. Demikian dikatakan artikel 29 dari Pengakuan Iman Belanda (Belgic Confession) (Dennison, 2008, 442). Artinya, jika di dalam suatu perkumpulan tidak ada pemberitaan firman yang murni, perkumpulan tersebut bukanlah gereja. Mereka dapat memasang label “gereja”, tetapi sesungguhnya bukanlah gereja di mata Tuhan. Sebaliknya, jika di suatu gereja ada pemberitaan firman Allah yang murni, Allah sungguh-sungguh hadir dan berbicara kepada umat-Nya di sana.

Selengkapnya...

Artikel

Pelayanan Gerejawi

Keselamatan yang Yesus kerjakan bukanlah tanpa gereja, melainkan melalui gereja. Jadi, setiap orang Kristen yang sejati akan bergabung dengan gereja lokal, yakni suatu kumpulan (ekklesia) orang percaya di suatu tempat dan waktu (1Kor. 11:18).

Selengkapnya...

Artikel

Menangkap Wahyu: Markus 4:1-20

Injil Markus mengisahkan seseorang bernama Yesus yang berasal dari Nazaret, tanah Galilea. Markus ingin mengungkapkan bahwa Yesus ini adalah Kristus dan Anak Allah. Yesus membawa kabar baik dari Allah mengenai Kerajaan Allah. Sampai kepada pasal tiga, Yesus terus-menerus mengungkapkan diri-Nya sebagai Raja yang mendatangkan Kerajaan Allah.

Selengkapnya...

Artikel

Persatuan Gereja Menurut Paulus di Filipi 2:1-4

Salah satu pesan Paulus kepada gereja Filipi adalah mengenai kesatuan gereja di tengah penganiayaan yang mereka alami serta serangan dari ajaran-ajaran palsu (1:27-30; 3:17-21). Penganiayaan mereka dan penganiayaan Paulus disebabkan oleh alasan yang sama, yakni karena berita Injil. Di sini Paulus menekankan pentingnya sehati sepikir.

Selengkapnya...

Artikel

Menyikapi Pandemi Sebagai Orang Kristen

Dalam waktu yang relatif singkat, COVID-19 telah mengubah kehidupan manusia di muka bumi. Mimpi dan ambisi menguap, relasi merenggang, bisnis anjlok, sistem kesehatan ambruk, tempat ibadah tutup, dan nyawa manusia melayang. 

Selengkapnya...

Artikel

Mari Menyanyikan Mazmur

Kita mungkin pernah mendengar perdebatan pemakaian lagu himne dan lagu kontemporer, mengenai lagu mana yang lebih “benar” digunakan di dalam gereja saat ini. Artikel kali ini tidak akan membahas perdebatan tersebut. Melalui tulisan ini, saya ingin mengajak kita mengenal salah satu bentuk lagu yang ada di dalam sejarah gereja, yaitu Mazmur. Ada empat alasan mengapa kita perlu lebih mendekat kepada Mazmur.

Selengkapnya...

Artikel

Kehendak Allah bagi Orang Muda

Hampir setiap awal tahun kita membahas tema pemuda. Sebagai anak-anak muda yang bergereja di Gereja Reformed Injili Indonesia, sering kali kita mendengar dari mimbar tentang pentingnya mencari kehendak Allah. Dan memang kita perlu mengerti apa kehendak Allah bagi kita supaya kita boleh berjalan menurutnya (Mi. 4:2). Pada kesempatan ini, artikel ini akan membahas mengenai kehendak Allah bagi orang muda dari surat Paulus kepada Titus di pasalnya yang kedua.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk Bible Camp Nasional 2022 yang telah diadakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Bersyukur untuk anak-anak yang telah mengikuti BCN 2022 ini. Bersyukur untuk firman Tuhan yang telah diberitakan. Berdoa kiranya Roh Kudus memelihara iman dan komitmen dari setiap anak serta mengobarkan api penginjilan di dalam hati mereka sejak masa muda mereka.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Syalom... Saya sangat percaya bahwa semua orang yang sedang membicarakan Firman dengan segala doktrin itu semua baik...

Selengkapnya...

Bagus dan bisa bantu me mahaminya

Selengkapnya...

Bagus

Selengkapnya...

senang dengan penjelasan yang di atas dan memberkati. yang pada intinya pacaran dalam kekristenan adalah berfokus...

Selengkapnya...

Maaf u 99 domba itu Tuhan Yesus tidak mengatakan mereka tidak hilang., melainkan tidak memerlukan pertobatan yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2022 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲