Tulisan oleh "Howard Louis" (16 buah)

Artikel

Yesus Terang Dunia

Filsuf Yunani yang bernama Diogenes terkenal sebagai seorang filsuf yang bertempat tinggal di dalam tong kayu (barrel). Ia tidak memiliki rumah untuk pulang, ke mana pun ia pergi pasti membawa tong kayu tersebut. Setiap hari, ia bangkit dari tong kayu, menyalakan lampu minyaknya dan berjalan mengelilingi kota sambil berkata-kata, “Gelap, gelap! Mengapa begitu gelap?!” Orang-orang yang melihat dia berpikir bahwa dia adalah orang gila. “Bagaimana mungkin di tengah siang bolong begini, ia mengatakan bahwa hari begitu gelap?

Selengkapnya...

Artikel

Early Trinitarianism

Tritunggal merupakan salah satu doktrin tersulit untuk dipahami manusia. Seperti yang Agustinus pernah katakan, doktrin ini adalah wilayah yang berbahaya dalam pengertian dan kepercayaan. Sebabnya adalah, jika kita tidak menangkap keseluruhan doktrin, kita dapat masuk ke dalam pandangan yang salah mengenai Allah dan hal ini sudah sangat banyak sekali terjadi dalam sepanjang sejarah manusia. Pengertian ini akan mencemari pelayanan, ibadah, harmoni, kedamaian, bahkan dapat menyebabkan perpecahan gereja.

Selengkapnya...

Artikel

Paul’s Writing on Preexistence of Christ

Tanpa kepercayaan dan iman kepada preexistence Kristus, maka kekristenan tidak akan dikenal seperti yang kita kenal hari ini. Doktrin ini merupakan salah satu fondasi dasar bagi iman Kristen. Sebab, tanpa pemahaman yang benar dalam doktrin ini, seluruh pengajaran yang lain pun akan menjadi tidak ada bedanya dengan pemikiran lainnya di dunia ini.

Selengkapnya...

Artikel

A Brief History on Calvin Theology in Public Square

Di tengah zaman yang sedang bergulir ini, kita sulit menemukan kembali suara kekristenan yang lantang diserukan untuk diperdengarkan kepada orang banyak. Usaha menggantikan iman Kristen, khususnya Reformed Theology, dengan pemikiran dunia bagaikan menggantikan pijakan beton dengan pijakan plastik yang kosong dan lemah. Gereja-gereja menjadi eksklusif dan tak berani terjun ke dalam dunia yang gelap ini. Celakanya, gereja pun dibawa menjadi salah satu tempat hiburan bagi manusia postmodern. Sedang disimpan di mana pelita yang menyinari seluruh kota?

Selengkapnya...

Artikel

A Brief History on Calvin Theology in Public Square (Bagian 2)

Pada artikel kali ini, penulis akan meneruskan pembahasan mengenai konteks sejarah yang mempersiapkan ledakan di zaman Reformasi, yang dipuncakkan oleh Calvin, sehingga pengaruhnya dapat mendunia bahkan masih dirasakan hingga saat ini.

Selengkapnya...

Artikel

The Nature of Reformed Dogmatics

Doktrin atau dogma atau pengajaran firman Tuhan, sering kali dipandang sebelah mata. Kegiatan atau seminar pembinaan doktrin, dan juga kelas-kelas theologi, tidak terlalu diminati. Sehingga terjadi perbedaan yang kontras antara kelas atau seminar pembinaan iman dibanding dengan acara seperti perayaan Natal, acara kebersamaan, outing, “kepang” (kebaktian padang), dan sebagainya.

Selengkapnya...

Artikel

Sola Fide: Faith from the Perspective of Justification

Disadari atau tidak, manusia sering kali melakukan usaha pembenaran atau membenarkan diri. Kita tidak suka jikalau kita divonis bersalah mulai dari kasus yang kecil hingga berat. Segala macam cara kita lakukan sebagai usaha pembelaan kita, dengan tujuan bahwa kita dinyatakan benar. Di dalam dunia psikologi, ini adalah bagian dari defense mechanism manusia.

Selengkapnya...

Artikel

Reformation 500: Sola Gratia A Brief Overview of Grace Throughout Scriptures

Kehidupan manusia adalah kehidupan yang tidak mungkin terlepas dari anugerah Tuhan, inilah pandangan kekristenan. Bahkan, jika seluruh kehidupan dirangkum dalam satu kata, tidak sedikit orang Kristen yang akan memilih kata “anugerah”.

Selengkapnya...

Artikel

Hati yang Luas

Daud adalah seorang yang berkenan di hati Tuhan. Dia bahkan mendapat julukan “a man after His own heart” dari Tuhan sendiri. Ketika kita menelusuri perjalanan hidup orang yang berkenan di hati Tuhan ini, kita akan menyadari bahwa ternyata perjalanan hidupnya bukanlah sesuatu yang sempurna dan tidak bercacat.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah: Introduction and Background

Oratorio Messiah adalah salah satu karya musik klasik berbentuk oratorio yang paling terkenal di sepanjang sejarah musik. Setiap tahun pasti ada yang mementaskan karya ini di dalam event Paskah, Natal, ataupun acara lainnya.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (3): Overture and Comfort Ye

Pada artikel ini, kita akan membahas setiap lagu yang ada di dalam Oratorio Messiah.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (4): Every Valley Shall Be Exalted

Di dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas beberapa lagu dari bagian pertama Oratorio Messiah. Secara umum, bagian pertama ini menceritakan kisah kedatangan Kristus mulai dari nubuat Nabi Yesaya mengenai kelahiran Sang Juruselamat, diikuti dengan nubuat akan kelahiran Yesus, lalu mengenai pemberitahuan akan kelahiran ini kepada gembala di luar Betlehem. Berita ini merupakan sebuah berita sukacita bagi umat-Nya yang terus menantikan kedatangan-Nya.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (5): Thus Saith The Lord, But Who May Abide, And He Shall Purify

Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam. Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (6)

Behold, a virgin shall conceive, o thou that tellest good tiding to Zion. For behold, darkness shall cover the earth. The people that walked in darkness have seen a great light. For unto us a child is born.

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (7): Pastoral Symphony

Scene 4: The Annunciation to the Shepherds

Selengkapnya...

Artikel

Reflection on Oratorio Messiah (8)

Lagu “Glory to God in the highest, and peace on earth” yang dinyanyikan oleh paduan suara merupakan lagu penutup dari scene 4. Chorus ini merupakan berita sukacita yang disampaikan oleh para malaikat. Daniel Block memberikan empat poin yang menjelaskan mengenai angel’s chorus tersebut. Pertama, pujian malaikat ini merupakan interpretasi Ilahi dari peristiwa yang sedang terjadi.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Bersyukur untuk acara Global Convention on Christian Faith and World Evangelization dan Seminar Reformasi 2020 yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2020 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲