Tulisan oleh "Marthin Rynaldo" (15 buah)

Artikel

Kura-kura dan Kelinci

Banyak dari kita yang mengenal dengan baik fabel “Kura-Kura dan Kelinci”. Di dalam cerita ini, kelinci terus menyombongkan diri bahwa dia adalah yang tercepat di antara semua binatang. Lelah dengan kesombongan kelinci, seekor kura-kura menantangnya untuk lomba lari. Tentu saja kelinci seharusnya bisa menang, tetapi karena ia begitu bangga dengan kehebatannya dan yakin akan menang, ia tidur sejenak di tengah perlombaan itu. Sementara kelinci itu tidur, kura-kura, yang dengan tekun terus berjalan, mendahuluinya hingga akhirnya mencapai garis akhir terlebih dahulu.

Selengkapnya...

Artikel

Kiamat Sudah Dekat!

Kita mungkin pernah belajar mengenai eskatologi Paulus yang membagi sejarah menjadi dua zaman (“zaman ini” dan “zaman yang akan datang”) di mana kedatangan Kristus yang pertama adalah titik balik di antara kedua zaman ini. Hal ini membuat para pengikut Kristus hidup dalam suatu periode yang disebut “sudah dan belum”, yaitu masa ketika zaman keselamatan yang akan datang dalam arti tertentu “sudah hadir” di sini, tetapi “belum hadir” di sini dalam seluruh kepenuhannya.

Selengkapnya...

Artikel

Move On!

Menikah pada usia muda bukanlah hal yang mudah. Saya pernah membaca sebuah kisah mengenai seorang wanita yang menikah pada usia remaja, lalu suatu hari ia “mencuri waktu” pulang ke rumahnya dan bersembunyi di tempat ia dahulu biasa bermain. Pada petang hari, suaminya menemukannya dan membawanya kembali. Sang suami tahu tidak mudah bagi istrinya untuk meninggalkan masa anak-anak dan menghadapi tantangan sebagai orang dewasa.

Selengkapnya...

Artikel

Already and Not Yet: The Eschatological Perspective of Apostle Paul

Dalam Perjanjian Baru, kita memiliki tiga belas surat yang ditulis oleh Paulus. Karena Paulus terus-menerus hidup dalam lingkup pelayanan praktis, surat-suratnya ini ditulis untuk membahas isu-isu spesifik yang terjadi di gereja-gereja yang ia kunjungi. Hal ini membuat tidak ada satu pun dari surat-suratnya yang membentangkan seluruh konsep theologinya secara sistematis. Surat-surat Paulus lebih merupakan aplikasi pastoral dari theologinya ketimbang inti sari dari sistem theologinya.

Selengkapnya...

Artikel

Apostle Paul: A Closer Look

Perjanjian Baru menyatakan dengan jelas bahwa Paulus sangat menyadari warisan Yahudinya sebelum ia menjadi seorang Kristen. Deskripsi pribadinya tentang masa mudanya sebelum ia bertobat mengungkapkan komitmennya yang kuat kepada Yudaisme. Paulus mengeklaim bahwa dirinya: disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, dan orang Farisi dalam hal pendiriannya terhadap hukum Taurat (Flp. 3:5).

Selengkapnya...

Artikel

Pesan dari Betlehem

Bukanlah hal yang mengejutkan jika banyak orang sulit percaya kepada berita Injil, sebab di dalamnya kita menemukan banyak kesulitan yang melampaui pikiran kita. Tetapi kebanyakan orang menemukan kesulitan di tempat yang salah, yang membuat kesulitan itu lebih besar daripada yang seharusnya.

Selengkapnya...

Artikel

Problem of Evil: A Biblical Response

Selama ribuan tahun sejak hari kelahirannya, kekristenan telah menghadapi banyak serangan. Di antara serangan-serangan yang ada, fakta mengenai adanya kejahatan sering dianggap sebagai serangan yang paling sulit untuk ditangani. Serangan yang kemudian disebut sebagai “Masalah Kejahatan” (Problem of Evil) dirumuskan oleh David Hume sebagai berikut:

Selengkapnya...

Artikel

Cornelius Van Til and Presuppositional Apologetics

Van Til merupakan salah satu tokoh Kristen Reformed abad ke-20 dengan pemikiran yang paling cemerlang. Namun demikian, tingkat kesulitan buku-bukunya membuat kekayaan pemikirannya sulit untuk dipahami oleh kebanyakan orang Kristen. Tidak heran jikalau kita lebih mengenal tokoh-tokoh Kristen lain.

Selengkapnya...

Artikel

Zechariah: The Return of the King

Hampir 20 tahun setelah kembali dari pembuangan, bangsa Israel dihantui perasaan putus asa. Fondasi Bait Allah telah diletakkan, namun perlawanan yang kuat mencegah mereka untuk menyelesaikan proses pembangunannya. Kondisi ini membuat sejarah penebusan yang dikerjakan melalui bangsa Israel terlihat memudar, berubah menjadi kabut pengasingan.

Selengkapnya...

Artikel

Limited Atonement

Alkitab mengatakan bahwa kematian Yesus Kristus adalah seperti suatu pembayaran untuk membebaskan manusia dari dosa. Konsep seperti ini masih cukup dapat dimengerti. Tetapi sekarang timbul suatu masalah! Apakah kematian Kristus membebaskan semua manusia atau hanya sebagian orang saja?

Selengkapnya...

Artikel

Psalm 1: Maintaining Contrast

Allah mengontraskan apa yang boleh dan yang tidak boleh dimakan oleh Adam dan Hawa (Kej. 2:16-17). Allah mengontraskan bangsa yang dipilih dan tidak dipilih oleh-Nya (Ul. 14:2). Berulang kali dalam kitab Injil, Kristus mengontraskan orang yang percaya dengan yang tidak percaya, yang tinggal di dalam Dia dengan yang di luar Dia, dan orang yang hidup dalam terang dengan yang hidup dalam gelap.

Selengkapnya...

Artikel

Yunus

Kitab ini menggambarkan karakter Yunus yang begitu kontras pada pasal pertama dan terakhir dibandingkan dengan karakternya pada pasal dua dan tiga. Pada artikel ini kita akan melihat bagaimana kontras antara kedua karakter ini dapat memberikan kita sebuah peringatan sekaligus pengajaran untuk kehidupan umat Allah di sepanjang sejarah.

Selengkapnya...

Artikel

Mengapa Menikah? (Suatu Refleksi atas SPIK Keluarga 2019)

Pacaran dan pernikahan merupakan tema favorit dari suatu karya seni. Kita dapat menemukan tema ini di dalam lagu, novel, sinetron, telenovela, drama Korea, dan film-film Hollywood. Banyak dari karya-karya seni ini yang menceritakan kehidupan pacaran dan pernikahan diwarnai dengan perselingkuhan, perzinahan, kebebasan seks, dan kebahagiaan yang tidak realistis.

Selengkapnya...

Artikel

Pertumbuhan Rohani, Kekhawatiran, dan Doa

Kebahayaan terbesar bukan hanya ketika kita berhadapan dengan berbagai tantangan atau ancaman yang terpampang secara nyata di depan mata kita. Kebahayaan terbesar pun bisa terjadi ketika kondisi terlihat baik-baik saja.

Selengkapnya...

Cari
App Android
Kini tersedia aplikasi untuk ponsel atau tablet Android Anda!
Android App di Google Play
Berlangganan Pillar
Dapatkan Pillar edisi online secara rutin dengan berlangganan!

Selengkapnya...

Pokok Doa

1. Berdoa untuk SPIK bagi Generasi Baru dengan tema Roh Kudus VI yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021. Berdoa kiranya setiap kita digerakkan oleh Tuhan untuk membawa banyak orang untuk dapat mengikuti acara ini dan mengerti akan pekerjaan Roh Kudus yang sejati di dalam kehidupan orang percaya. Berdoa kiranya Tuhan menggerakkan hati banyak orang. Berdoa untuk setiap hamba Tuhan yang akan membawakan sesi-sesi dalam SPIK ini, kiranya Roh Kudus mengurapi mereka dan memberikan kuasa kepada mereka untuk memberikan pengertian bagi setiap jemaat dan menguatkan iman serta pengenalan akan karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

Selengkapnya...

Tanggapan Terbaru
Kalau itu suara Bapa dari Surga, mat 3:17 & Mat 17:5. Bagaiman menjelaskannya denga Yihanes 5:37, dimana suara...

Selengkapnya...

Dengan hormat Pdt. Stephen Tong, kutiplah ayat dengan benar! Di dalam kitab Yesaya 1 tidak pernah mengatakan “Aku...

Selengkapnya...

tema pertanyaan2 yg selalu menteror manusia selama dia ada(hidup). Dan semua mengejarnya hanya dg "alat" yg...

Selengkapnya...

Terima kasih karena tulisan ini menguatkan dan meneguhkan kembali hati yang telah bertobat. Pertobatan sejati berarti...

Selengkapnya...

Tulisan Pak Erwan ini sangat inspiratif bagi diri saya bahwa sebagai pengkikut Yesus Kristus ada amanat agung yang...

Selengkapnya...

© 2010, 2021 Buletin Pillar | Hubungi kami | GRII | Kembali ke atas ▲